Bahaya Kebiasaan Mengucek Mata

DokterSehat.Com– Tanpa disadari, kita kerap mengucek mata saat terasa lelah, gatal, atau perih. Dengan melakukannya, mata memang akan menjadi lebih nyaman. Sayangnya, setelah beberapa saat, mata akan kembali terasa gatal atau perih. Sebenarnya, apakah kebiasaan mengucek mata ini berbahaya?

doktersehat-mata-kerja-lelah

Pakar kesehatan ternyata tidak menyarankan kita untuk melakukan kebiasaan mengucek mata ini. Jika mata kita mengalami masalah mata lelah, gatal, atau perih, ada baiknya kita menggunakan obat tetes mata yang bisa mengembalikan kelembaban mata sekaligus mencegah iritasi. Jika kita terbiasa mengucek mata dengan tangan, maka kita pun akan beresiko terkena dampak buruk seperti sebagai berikut.

Paparan kuman
Seringkali, tangan yang kita pakai untuk mengucek mata masih berada dalam kondisi yang kotor dan kaya akan kuman atau bakteri. Berbagai kuman dan bakteri ini tentu akan bisa berpindah pada mata dan memicu iritasi.

Membuat mata kemerahan
Kulit yang ada di sekitar mata ternyata lebih tipis dan sensitif jika dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Jika kita mengucek mata dengan keras atau cukup lama, maka pembuluh darah kecil di area tersebut yang jumlahnya sangat banyak bisa melebar atau pecah sehingga membuat mata merah. Tak hanya itu, kebiasaan mengucek mata juga bisa memicu kerutan atau keriput halus pada area mata.

Memicu cedera mata
Bola mata kita bukanlah organ yang cukup kuat dalam menghadapi tekanan, termasuk tekanan saat kita mengucek mata dengan tangan. Kerap melakukannya dengan keras bisa memicu cedera pada struktur pada kornea dan retina mata.

Melihat adanya bahaya dari kebiasaan mengucek mata, ada baiknya memang kita tidak lagi melakukannya.