Bahaya Kebiasaan Buruk Menempatkan Dompet di Belakang Celana

DokterSehat.Com – Ada sebuah kecenderungan yang berbeda antara pria dan wanita jika akan bepergian ke luar rumah. Wanita akan langsung memakai tas kecil dimana mereka bisa menempatkan dompet, make-up, hingga ponsel pada tas tersebut sehingga barang-barang pun akan mudah dicari. Hal yang berbeda berlaku pada pria dimana jika perlu, semua barang akan dimasukkan di saku celana atau baju. Yang unik adalah, hampir semua pria akan menempatkan dompetnya di saku bagian belakang celana. Meskipun praktis dan mudah untuk diambil, kebiasaan ini ternyata akan kurang baik bagi kesehatan tubuh pria.



Dompet yang ditempatkan pada saku belakang celana ternyata akan mempengaruhi saraf-saraf yang ada dalam tubuh. Saat anda duduk, anda pasti akan merasakan duduk anda akan kurang seimbang karena adanya dompet di bagian belakang celana. Hal ini ternyata bisa membuat saraf-saraf kunci mengalami kerusakan yang disebut sebagai wallet neurophaty atau hip-pocket syndrome. Sindrom ini bisa memicu masalah sakit punggung bagian bawah yang bisa berlangsung cukup lama. Selain itu, panggul juga bisa merasa nyeri karena efek rusaknya saraf-saraf tersebut.

Dompet pada saku belakang celana akan membuat posisi duduk menjadi tidak seimbang dan mempengaruhi sistem saraf, susunan tulang, hingga otot-otot sehingga bisa mempengaruhi tulang belakang yang memiliki banyak sekali sistem saraf. Dalam beberapa kasus, kebiasaan ini bahkan bisa memicu rasa sakit pada kaki bagian bawah dan juga membuat bahu, leher, dan punggung akan terasa nyeri.

Andaipun kita memang ingin tetap praktis dalam membawa dompet di celana, kita harus ingat bahwa dompet harus dikeluarkan dari saku celana saat kita akan duduk atau saat mengemudi. Setipis apapun dompet anda akan tetap membuat posisi duduk menjadi tidak seimbang. Jika anda memiliki saku pada baju atau jaket, tak ada salahnya menempatkan dompet di tempat tersebut karena akan jauh lebih aman bagi tubuh. Jika anda sudah terlanjur terbiasa duduk dengan dompet di saku belakang celana dan mulai merasakan nyeri pada panggul, punggung, atau area bahu, segera periksakan kondisi ini ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.