Bahaya Kanker Tulang

Dokter Sehat – Kanker tulang disebabkan oleh suatu persoalan dengan sel-sel yang membentuk tulang, lebih dari 2,000 orang-orang didiagnosis di Amerika setiap tahun dengan suatu tumor tulang. Tumor-tumor tulang terjadi paling umum pada anak-anak dan remaja-remaja dan lebih kurang umum pada orang-orang dewasa yang lebih tua.

14

Kanker yang melibatkan tulang pada dewasa-dewasa yang lebih tua adalah paling umum akibat dari penyebaran metastasis dari tumor yang lain. Ada banyak tipe-tipe yang berbeda dari kanker tulang. Tumor-tumor tulang yang paling umum termasuk osteosarcoma, Ewing’s sarcoma, chondrosarcoma, malignant fibrous histiocytoma, fibrosarcoma, dan chordoma.

Macam-macam kanker tulang :

1.Osteosarcoma adalah kanker tulang ganas utama yang paling, ia paling umum mempengaruhi laki-laki yang berumur antara 10 dan 25 tahun, namun dapat lebih kurang umum mempengaruhi dewasa-dewasa yang lebih tua. Ia seringkali terjadi di tulang-tulang yang panjang dari lengan-lengan dan kaki-kaki pada area-area dari pertumbuhan yang cepat sekitar lutut-lutut dan bahu-bahu (pundak) dari anak-anak. Tipe kanker ini seringkali adalah sangat agresif dengan risiko penyebaran ke paru-paru. Angka kelangsungan hidup dari lima tahun adalah kira-kira 65%.

2.Ewing’s sarcoma adalah tumor tulang yang paling agresif dan mempengaruhi orang-orang yang lebih muda yang berumur antara 4-15 tahun, Ia adalah lebih umum pada laki-laki dan adalah sangat jarang pada orang-orang yang berumur lebih dari 30 tahun. Ia paling umum terjadi pada pertegahan dari tulang-tulang panjang dari lengan-lengan dan kaki-kaki, angka kelangsungan hidup tiga tahun adalah kira-kira 65%, namun angka ini adalah jauh lebih rendah apabila telah menyebar ke paru-paru atau jaringan-jaringan lain dari tubuh.

3.Chondrosarcoma adalah tumor tulang yang paling umum kedua dan bertanggung jawab pada kira-kira 25% dari semua tumor-tumor tulang yang ganas, tumor-tumor ini timbul dari sel-sel tulang rawan (cartilage cells) dan dapat tumbuh dengan sangat agresif atau relatif perlahan. Tidak seperti banyak tumor-tumor tulang lain, chondrosarcoma adalah paling umum pada orang-orang berumur diatas 40 tahun, ia adalah sedikit lebih umum pada laki-laki dan dapat secara potensial menyebar ke paru-paru dan simpul-simpul getah bening. Chondrosracoma paling umum mempengaruhi tulang-tulang dari pelvis dan pinggul-pinggul. Kelangsungan hidup lima tahun untuk bentuk yang agresif adalah kira-kira 30%, namun angka kelangsungan hidup untuk tumor-tumor yang tumbuhnya perlahan adalah 90.

4.Malignant fibrous histiocytoma (MFH) mempengaruhi jaringan-jaringan lunak temasuk otot-otot, ligamen-ligamen, tendon-tendon, dan lemak. Ia adalah keganasan jaringan lunak yang paling umum pada kehidupan kemudian dari dewasa, biasanya terjadi pada orang-orang berumur 50-60 tahun. Ia paling umum mempengaruhi anggota-anggota tubuh (kaki dan tangan) dan adalah kira-kira dua kali lebih umum pada laki-laki daripada wanita-wanita. MFH juga mempunyai suatu batasan yang lebar dari keparahan. Angka kelangsungan hidup keseluruhan adalah kira-kira 35%-60.

Baca Juga:  Korea Selatan Mengkonfirmasi Adanya Wabah Flu Burung

5.Fibrosarcoma adalah jauh lebih jarang daripada tumor-tumor tulang, ia adalah paling umum pada orang-orang yang berumur 35-55 tahun. Ia paling umum mempengaruhi jaringan-jaringan lunak dari kaki dibelakang lutut. Ia adalah sedikit lebih umum pada laki-laki daripada wanita-wanita.

6.Chordoma adalah suatu tumor yang sangat jarang dengan suatu kelangsungan hidup rata-rata dari kira-kira enam tahun setelah diagnosis, ia terjadi pada dewasa-dewasa yang berumur diatas 30 tahun dan kira-kira dua kali lebih umum pada laki-laki daripada wanita-wanita.

Ia paling umum mempengaruhi kolom tulang belakang (spinal column) ujung bawah atau ujung atas.
Bila Anda divonis terkena kanker tulang, jangan takut, berikut beberapa pilihan terbaik pengobatan kanker tulang yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, kanker tulang bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar.

Jika kanker belum menyebar terlalu jauh dan masih berada di area tulang, jaringan kanker dapat diangkat melalui tindakan kuretase. Atau, jika letak kanker berada pada tungkai, dokter bisa melakukan proses limb salvage.

Namun, metode ini hanya bisa dilakukan jika saraf-saraf dan pembuluh darah di area tersebut masih sehat. Jika rekonstruksi dibutuhkan, tulang yang dipotong akibat kanker bisa diganti dengan implan yang terbuat dari bahan-bahan tertentu, ataupun dari donor manusia. Selain cara-cara di atas, saat ini, kemoterapi dan radiasi masih menjadi metode utama pengobatan kanker tulang, disamping operasi.

Kadang, imunoterapi juga dilakukan sebagai terapi pendamping agar tubuh penderita kanker tulang dapat menolerasi keadaan-keadaan tertentu akibat proses pengobatan yang dijalaninya. Tentu saja, semua bentuk terapi ini membutuhkan biaya dan waktu ekstra di pihak pasien dan keluarganya.

Akan lebih bijak jika pengobatan kanker tulang dilakukan sejak awal, semakin dini keberadaan kanker ditemukan, dan semakin cepat pengobatan dilakukan, resiko amputasi dan kematian akan semakin berkurang.

Pada dasarnya, potensi kesembuhan dari kanker akan semakin tinggi jika pengobatan yang cepat dan tepat dilakukan, tidak soal metode pengobatan kanker apapun yang akan Anda gunakan, baik medis maupun alternatif.

Disamping pengobatan medis, konsumsi herbal antikanker asal Papua, Sarang Semut, dapat menjadi salah satu pengobatan kanker tulang alternatif yang dapat Anda pertimbangkan untuk menekan biaya pengobatan dan perawatan yang membebani.

Kombinasi berbagai senyawa aktif di dalamnya seperti flavonoid, tanin, dan polifenol, dengan aktivitas yang tinggi, diketahui mampu mengatasi berbagai abnormalitas sel-sel dalam tubuh Anda, termasuk kanker dalam tulang Anda.