Bahaya Jika Tubuh Memiliki Kadar Trigliserida Tinggi

DokterSehat.Com – Jika kadar trigliserida dalam tubuh termasuk sangat tinggi, maka tubuh pun akan memiliki resiko yang sangat besar untuk mendapatkan penyakit diabetes tipe 2. Tingginya kadar trigliserida dalam tubuh menjadi penanda bahwa sistem metabolisme dalam tubuh tidak bekerja sebagaimana wajarnya sehingga makanan pun tidak diubah secara sempurna menjadi energi. Wajarnya, tubuh akan memproduksi insulin yang bisa menyalurkan kadar glukosa dalam darah menuju berbagai sel yang pada akhirnya akan beralih menjadi energi. Sayangnya, jika sistem metabolisme tidak bekerja dengan benar, sel-sel tubuh tidak mau menerima insulin atau glikosa yang tentu akan membuat makanan gagal diubah menjadi energi dan membuat glukosa dan kadar trigliserida akan menumpuk di dalam darah dan bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

doktersehat-sel

Jika kondisi resistensi pada insulin ini dibiarkan begitu saja dan semakin banyak glukosa yang menumpuk di dalam darah. Kadar glukosa yang tinggi bisa dikategorikan sebagai kondisi pre-diabetes yang masih bisa ditangani agar tidak menjadi penyakit diabetes asalkan kita mau mengubah gaya hidup dan juga pola makan agar menjadi lebih sehat.

Sayangnya, kebanyakan orang justru membiarkan kondisi ini begitu saja dan pada akhirnya akan memicu penyakit diabetes yang sangat berbahaya. Penyakit diabetes ini muncul tatkala kadar glukosa dalam darah sudah melampau batas aman dan jika dibiarkan begitu saja maka sistem saraf pada tubuh dan pembuluh darah pun bisa mengalami kerusakan yang akan membuat banyak sistem dan organ dalam tubuh tidak lagi bekerja dengan normal.

Jika kita sudah terlanjur terserang penyakit diabetes, maka kita tentu harus sesegera mungkin memeriksakan kondisi tubuh kita ke dokter sehingga kita bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain dengan obat-obatan yang bisa menjaga kadar gula dan trigliserida dalam darah, kita juga harus mengubah pola makan dan gaya hidup agar menjadi lebih sehat.