Bahaya Jika Lidah Kita Tergigit Saat Makan

DokterSehat.Com – Selain menggigit makanan keras yang bisa membuat gigi terasa linu, salah satu hal yang sangat dibenci semua orang adalah saat dimana lidah tergigit saat makan. Dalam beberapa kasus, lidah yang tidak sengaja tergigit akan mengeluarkan darah dan pada akhirnya membuat nafsu makan kita berkurang dengan signifikan. Baik orang dewasa maupun anak-anak memiliki resiko mengalami lidah tergigit saat makan dan seringkali hal ini terjadi akrena ketidaksengajaan dan kurangnya konsentrasi saat makan. Yang menjadi masalah adalah, lidah yang tergigit ternyata bisa memberikan beberapa dampak buruk bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Lidah tergigit tentu akan sangat sakit dan bisa membuat selera makan hilang tiba-tiba meskipun anda baru saja mengkonsumsi makanan yang sangat lezat. Banyak orang yang pada akhirnya menghentikan makan karena rasa sakit atau keluarnya darah saat lidah tergigit. Selain itu, rasa takut jika lidah bisa tergigit kembali juga akan menghentikan selera makan yang bisa berimbas pada kekurangan asupan nutrisi baik bagi tubuh. Dalam beberapa kasus, lidah bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat lama terjadi karena adanya infeksi pada luka pada lidah yang tentu harus diberikan obat dari dokter untuk menyembuhkannya.

Lidah yang tergigit bisa menimbulkan luka ringan yang mengganggu sensitifitas pada lidah, khususnya jika yang tergigit adalah bagian-bagian reseptor perasa. Asalkan gigitan ini tidaklah terlalu parah, lidah bisa sembuh dengan cukup cepat. Lidah juga bisa mengalami perubahan warna jika dihinggapi oleh bakteri yang sebelumnya berada di sela-sela gigi. Perubahan warna ini sendiri adalah tanda jika luka pada lidah telah terinfeksi dan harus lekas dibawa ke dokter untuk penanganan terbaik.

Baca Juga:  Gatal-Gatal Pada Telinga

Lidah yang tergigit akan beresiko mengalami beberapa perubahan layaknya adanya preubahan tekstur menjadi cenderung lebih kasar dan juga penurunan level sensitifitas. Hanya saja, pakar kesehatan justru menyebutkan jika lidah yang tergigit justru beresiko tinggi akan menyebabkan masalah sariawan yang cukup parah dan harus diobati dengan segera agar tidak menimbulkan infeksi ke depanya.