6 Bahaya Kelebihan Minum Jeruk Nipis bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com– Pertanyaan pertama untuk setiap calon ibu – apakah aman meminum air jeruk nipis? Sebagian besar pakar kesehatan setuju bahwa cukup aman untuk meminumnya. Namun, para ahli yang sama menjelaskan bahwa setiap kehamilan itu unik. Tidak ada yang dapat menjamin bahwa Anda akan memiliki pengalaman kehamilan yang sama dengan teman, saudara perempuan, atau bahkan ibu Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter tentang kehamilan khusus Anda terlebih dahulu.

Yang pasti jeruk nipis bisa merugikan kesehatan fisik Anda jika terlalu banyak mengonsumsinya. Namun, asumsi yang sama berlaku untuk semua jenis makanan atau minuman. Mari kita lihat nilai gizi dari air jeruk nipis sebelum kita mulai melihat efek jeruk nipis pada awal kehamilan.

Nilai gizi jus jeruk nipis

Secangkir jus jeruk nipis menawarkan nilai-nilai berikut untuk kesehatan Anda:

  • Serat makanan – 0,7 gram
  • Gula – 6,2 gram
  • Protein – 0,9 gram
  • Kalori – 54
  • Karbohidrat – 16 gram
  • Lemak – o.6 gram
  • Vitamin A, B6, C dan E
  • Kalium
  • Folat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Riboflavin
  • Seng
  • Besi

Seperti yang dijelaskan, Anda akan mendapatkan banyak mineral hanya dari satu cangkir jus jeruk nipis.

Namun perlu dicatat bahwa efek samping berikut terutama terkait dengan asupan sari jeruk nipis yang berlebihan pada ibu hamil!

1. Asam lambung

Jeruk nipis, seperti buah jeruk lainnya, dapat menyebabkan rasa panas dan asam lambung. Maka dari itu hindari terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis sekaligus. Jangan minum air jeruk nipis jika Anda mudah terserang mulas.

2. Penyakit yang ditularkan melalui makanan

Sebenarnya, produk apa pun yang menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh makanan tergantung pada bagaimana ia diproses. Masalah utama di sini bukan jeruk nipis, tapi bagaimana bersih dan segar. Karena itu, sangat disarankan untuk mencuci dan membersihkan buah dan sayuran sebelum makan. Ini sangat penting ketika Anda hamil karena anak Anda sangat rentan terhadap penyakit apa pun.

3. Meningkatkan risiko penyakit yang disebabkan makanan

Cara paling aman untuk minum jus jeruk nipis ketika Anda hamil, adalah membuatnya dari bahan segar di rumah. Selalu cuci lemon dan pastikan peralatannya bersih. Tingkat kekebalan Anda berada pada titik terendah sepanjang waktu saat Anda hamil. Minum jus jeruk nipis yang tidak dipasteurisasi dapat meningkatkan risiko tertular bakteri seperti E-coli atau salmonella. Bakteri ini dapat menyerang saluran pencernaan dan memengaruhi pencernaan. Penyakit bawaan makanan dapat membahayakan ibu dan bayi yang belum lahir. Menjaga kebersihan di dapur Anda dapat membantu menjaga infeksi gastrointestinal selama kehamilan.

4. Masalah dalam kesehatan mulut

Jus jeruk nipis mengandung asam sitrat dan asupan berlebihan ketika Anda hamil dapat merusak gigi enamel gigi. Coba campurkan dengan air dan gunakan sedotan untuk menghirupnya untuk meminimalkan erosi pada email gigi. Risiko terkena radang gusi juga meningkat ketika Anda hamil.

5. Menyebabkan mulas, dan masalah gastrointestinal

Jus jeruk nippis adalah buah jeruk dan terlalu banyak mengonsumsi jus lemon dapat menyebabkan mulas. Ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare atau gangguan pencernaan pada tahap akhir kehamilan. Berhentilah minum jus jeruk nipis saat Anda mengalami ketidaknyamanan. Jika gejalanya tidak hilang, bicarakan dengan dokter Anda tentang hal itu.

6. Alergi

Ibu hamil bisa mengalami alergi kapan pun di mana saja. Kondisi ini terjadi karena ibu hamil sensitif, karena tidak bisa menerima makanan tertentu pada pencernaanya. Ibu hamil bisa saja alergi terhadap jeruk nipis, entah karena rasa, aroma atau karena kandungan buahnya. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sang ibu hamil dapat menganti buah jeruk nipis dengan buah yang mengandung nutrisi dan vitamin yang sama dengan jeruk nipis.

Setiap kehamilan unik karena banyak alasan. Oleh karena itu, kemungkinan jus jeruk nipis dapat membahayakan Anda dengan cara apa pun tidak diketahui. Jika bersih dan segar, maka itu buah yang baik dan dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi Anda. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda memilih untuk menambahkan jeruk nipis ke dalam diet Anda. Jangan ragu untuk meminta bantuan saat Anda merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi jeruk nipis.