Bahaya High Heels Dalam Keseharian

DokterSehat.Com – High heels memang dapat membuat kaki seorang wanita yang memakainya tampak anggun. Selain itu, sepatu high heels juga memiliki kesan yang elegan, anggun, feminin dan seksi. Namun ternyata memakai high heels dapat menimbulkan masalah pada kaki Anda.



Seperti penjelasan dari dr. Widyastuti Srie Utami, Sp.OT, pada acara Love Every Step We Take With Scholl Footwear, memakai high heels dalam jangka waktu yang lama dan setiap hari tidak hanya akan menimbulkan rasa nyeri namun juga menyebabkan perubahan bentuk pada area kaki.

Saat mengenakan sepatu hak tinggi terlalu sering, kita akan menjumpai masalah pada kaki, seperti syaraf kejepit atau bahkan nyeri otot. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memilih sepatu yang lebih mengutamakan kesehatan kaki, ungkap dr. Widyastuti di Artotel Jakarta Pusat Kamis 28 Mei 2015.

Berikut penjelasan dr. Widyastuti mengenai akibat menggunakan high heels secara berlebihan :

  • Varises
    Penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering dapat membuat otot tumit belakang dan betis menjadi tegang, yang mengakibatkan pembuluh darah tertekan.
  • Morton’s neuroma
    Merupakan cedera di pertengahan telapak dan jari kaki akibat memakai sepatu hak tinggi atau sepatu yang kesempitan. Lama kelamaan yang dirasakan dari cedera ini kaki terasa tajam, panas, kesemutan hingga mati rasa.
  • Corns
    Kulit disekitar kaki terasa menjadi tebal karena gesekan sepatu. Secara perlahan dapat membuat kaki terasa sakit dan biasanya sering terjadi bersamaan dengan bunions.
  • Bunions
    Tulang menonjol yang sering terjadi disekitar pangkal jempol kaki dan dapat mengarah ke jari-jari kaki lainnya, yang menimbulkan rasa nyeri. Bunions sendiri bisa menyebabkan kaki terasa sakit saat berjalan.

Menurut dr. Widyastuti, dalam memilih alas kaki khususnya sepatu sesuaikan dengan kaki Anda. Serta carilah bahan-bahan yang lembut dan nyaman untuk kaki. Misalnya pemilihan sepatu dengan telapak kaki yang datar sebaiknya pilih sepatu dengan arch support atau tambahan bantalan kaki yang membuat kaki jadi tidak mudah pegal.

Baca Juga:  Cara Pengobatan Cedera Akibat Listrik

Bisa pilih sepatu dengan teknologi yang memiliki memory cushion, sole support, massage dan bio print, yang membuat kaki kita tidak mudah pegal, sesuai dengan kontur alami kaki serta menghilangkan ketegangan pada kaki, tutup dr. Widyastuti.

Nah Ladies, sudah jelas bukan penggunaan high heels juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kaki Anda seperti yang disampaikan oleh dokter Bedah Ortopedi, dr. Widyastuti. Tidak masalah jika Anda ingin menggunakan high heels, namun jangan terlalu lama dan terlalu sering ya.