Bahaya Encok Akibat Asam Urat Dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Encok banyak yang sering mengalaminya, namun tidak semuanya mengetahui penyebabnya dengan pasti. Akibatnya encok tidak dapat dicegah dan tidak dapat dihindari. Encok merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang lanjut usia, encok merupakan rasa pegal di punggung atau di bagian sendi dan tidak bisa hilang dalam waktu sekejap. Encok juga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Tidak hanya di punggung saja, namun encok juga bisa menyerang di berbagai sendi kaki.



Asam urat, adalah salah satu penyebab mengapa encok menyerang tubuh. Jika anda sudah berulang kali terkena asam urat, hal tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sendi dan ginjal secara permanen. Hal ini lah yang kemudian memicu batu ginjal.

Seseorang yang mengalami asam urat atau encok harus segera menanganinya dengan obat, atau menggunakan cara-cara alami, dan menghindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan hal tersebut bisa kambuh kembali. Tidak berheti sampai disitu, studi terbaru mengatakan bahwa hiperuricemia atau kadar asam urat tinggi yang terdapat di dalam darah dapat menyebabkan seseorang memiliki penyakit jantung atau terkena stroke.

Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan resiko kematian karena serangan jantung. Jika anda mendapat serangan encok, hal pertama yang perlu anda ketahui adalah anda masih memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menghindari terulangnya kejadian yang sama dan mencegah terjadinya bahaya yang lebih besar.

Langkah untuk mengatasi asam urat :

Cara terbaik adalah dengan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghindari terjadinya encok. Jadi, sebagai seorang penderita encok atau asam urat selain menghindari serangan, anda juga harus mencoba memulai dari rejimen untuk mencegah encok yang bisa sewaktu waktu kembali.

Baca Juga:  Purpura Trombositopenik Idiopatik (ITP)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, encok bisa berakibat karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Untuk mengatasi kadar asam urat di dalam darah yang tinggi salah satunya adalah dengan diet.
Mengenal purin

Purin merupakan salah satu elemen penting di dalam tubuh kita yang dapat menghasilkan energi dan protein. Senyawa kimia tersebut ada di dalam sel tubuh kita dan berasal dari makanan yang kita konsumsi. Purin merupakan produk sampingan dari asam urat.

Oleh sebab itu, untuk menghindari asam urat, kita bisa beralih ke makanan yang mengandung rendah purin. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa, asam urat berasal dari pemecahan purin yang berasal dari makanan kita.
Seorang penderita asam urat harus benar-benar mengkonsumsi makanan yang rendah purin dalam rangka mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

Makanan yang harus dihindari

• Daging merah yang berlemak

• Daging unggas, dan beberapa makanan laut. Selain itu, sangat penting untuk menghindari

• Alkohol seperti bir, dan beberapa jenis minuman atau makanan yang mengandung alkohol semua itu adalah pemicu encok.
Makanan rendah purin
• Tuna

• Salmon

• Susu rendah lemak

• Nasi

• Roti

• Sereal

• Buah ceri

• Stroberi

• Blueberry

• Anggur

Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menanggulangi kadar asam urat di dalam darah. Jika anda secara rutin menghindari makanan yang memicu asam urat, dan beralih ke makanan makanan sehat yang dapat mengurangi kadar asam urat di dalam darah secara rutin, anda akan segera merasakan efeknya.