Bahaya Diet Yang Sebaiknya Tidak Anda Coba

DokterSehat.Com – Program diet terus berkembang setiap tahun dan makin luas. Jika dulu dikenal diet tidak makan nasi atau yang fenomenal seperti diet OCD, masih banyak lagi diet terbaru yang katanya efektif menurunkan berat badan.



Dari semua jenis diet tersebut, tak semuanya cocok untuk semua orang. Diet yang paling baik adalah diet yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Dilansir oleh newsmaxhealth.com, inilah 4 diet yang sebaiknya tidak Anda coba :

  • Diet lima gigitan
    Sama seperti namanya, diet ini hanya memperbolehkan seseorang melakukan lima gigitan setiap kali makan siang atau makan malam. Pelaku diet tidak boleh sarapan tetapi boleh makan apa saja, dengan syarat hanya lima gigitan. Ketentuan ini diyakini bisa membatasi jumlah konsumsi makanan berlebih. Namun pola diet yang dikembangkan oleh Alwin Lewis, MD, ini membuat seseorang memilih makanan tak sehat dibanding makanan sehat. Sehingga walaupun cuma 5 gigitan, tubuh pada akhirnya tidak mendapat nutrisi sehat.
  • Diet werewolf atau diet manusia serigala
    Tidak. Anda tidak akan makan daging serigala. Diet ini melibatkan puasa. Seseorang hanya boleh minum air atau jus buatan sendiri selama bulan purnama atau bulan baru. Beberapa pola makan khusus harus dilakukan tergantung bentuk bulan yang ada di langut sana. Pola makan yang teratur ini membuat seseorang bisa menurunkan berat badan. Sayangnya para ahli melihat penurunan ini hanya dalam waktu singkat, karena lama-lama berat badan akan kembali.
  • Diet alkaline atau diet asma basa
    Diet ini disebut juga sebagai diet abu alkali, melarang pelaku diet untuk mengonsumsi semua daging, susu, permen, kafein, alkohol dan makanan olahan. Diet ini hanya memperbolehkan pelaku diet mengonsumsi sayur, buah, dan biji-bijian. Walaupun tidak melarang nasi atau bijian dimasak, diet ini dipercaya bisa mempertahankan pH tubuh. Namun ahli kesehatan percaya tubuh manusia bisa menjaga pH tanpa harus memotong konsumsi beberapa jenis makanan.
  • Diet raw food atau diet makanan mentah
    Yang dimaksud diet raw food adalah hanya mengonsumsi makanan mentah. Makanan yang dimaksud adalah buah, sayur dan kacang-kacangan. Pelaku diet raw food mengatakan tubuh mereka makin sehat bahkan tidak kekurangan nutrisi lain seperti yang ditakutkan banyak orang. Namun menurut penelitian di Mount Sinai Adolescent Health Center, diet raw food tidak memberikan manfaat kesehatan secara signifikan.
Baca Juga:  Awas Stres Karena Putus Cinta Bisa Sebabkan Gangguan Mental Hingga Kematian

Jenis diet di atas memang tidak dilarang. Namun ada baiknya jika Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum memulai diet. Tubuh setiap orang berbeda-beda, diet yang cocok untuk teman Anda belum cocok untuk Anda. Maka pastikan diet Anda dalam pengawasan ahlinya.