Bahaya Dibalik Pemakaian Korset

DokterSehat.com – Demi terlihat langsing, sebagian wanita rela memakai korset seharian. Padahal pemakaian korset berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Bahkan, sebagian wanita percaya bahwa pemakaian korset dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut dr Manish Motwani, ahli bedah laparoskopi, penggunaan korset bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan secara sehat. Pemakaian korset jangka panjang justru bisa mengganggu pernapasan, merusak kulit, dan memar pada organ internal.



Manish menegaskan bahwa memakai korset tidak akan bisa menurunkan berat badan. Tapi hanya memberi efek pinggang terlihat lebih kecil. Padahal sebenarnya ukuran pinggang tidak berkurang karena memakai korset.

Dalam dunia medis sebenarnya korset dipakai hanya sesuai kebutuhan saja. Bukan digunakan sehari-hari seperti aksesoris. Korset juga tidak bisa digunakan sembarang orang, terlebih pada pasien hernia dan orang yang memiliki bekas luka.

Pemakaian korset bisa mengakibatkan sesak napas dan tidak nyaman saat bergerak. Korset dapat menghambat masuknya cukup udara untuk mengisi paru-paru. Akibatnya, wanita akan bernapas pendek dan hanya sampai bagian atas paru-parunya hingga menyebabkan munculnya lendir dan batuk. Tak hanya itu saja, korset juga bisa mengganggu sistem pencernaan karena menekan usus dan menimbulkan sembelit.

Dampak yang terlihat pada kulit adalah kemerahan dan radang. Sementara para dokter menjelaskan efek pada tulang rusuk akan terjadi retak tulang akibat adanya tekanan yang sangat tinggi dan ketat. Agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan sebaiknya jangan gunakan korset terlalu lama. Dr Manish mengingatkan batas waktu pemakaian korset sekitar 4-5 jam saja per hari.