Bahaya Dan Akibat Merokok

DokterSehat.Com – Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual dipasaran. Menurut WHO, dalam setiap batang rokok mengandung + 4 ribu racun kimia yang berbahaya. Hal ini cukup menjelaskan bahwa akibat merokok sangatlah fatal terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

18

Akibat merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit yaitu mulai dari selaput lendir yang rusak sampai kanker.

Penyakit-penyakit yang ditimbulkan akibat merokok seperti Impotensi, kanker mulut, kanker bibir, kanker kulit, kanker kerongkongan,  penyakit paru-paru, kerusakan indera dan otak, penyakit jantung koroner, dan juga dapat membahayakan kehamilan.

Ketika tubuh mulai lemah akibat merokok, maka tubuh anda akan memberikan anda sinyal. Kepekaan anda dalam menyadarinya sangat diperlukan.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa sinyal akibat merokok yang diberikan oleh tubuh kepada anda untuk diwaspadai :

  • Tenggorokan yang sakit secara terus menerus
    Hal ini disebabkan oleh masuknya asap ke tenggorokan sehingga pada jaringan pernapasan akan terjadi iritasi. Mungkin anda tidak terlalu khawatir jika hanya masalah iritasi pada tenggorokan.

    Tetapi yang sangat dikhawatirkan yaitu hancurnya rambut-rambut kecil disepanjang tenggorokan akibat merokok . Ini akan memudahkan partikel berbahaya masuk secara langsung ke paru-paru dan akan mengakibatkan meningkatnya infeksi pada paru-paru.

  • Meningkatnya keasaman pada lambung
    Awalnya anda akan mengalami sakit perut yang parah yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung akibat merokok. Kemudian juga akan muncul gangguan-gangguan pada tubuh dan penyakit lainnya sehingga dapat terjadi komplikasi di dalam tubuh
  • Susah untuk bernafas
    Biasanya tanda-tanda awal akibat merokok yaitu gangguan pada pernapasan yang dilanjutkan dengan batuk secara terus menerus dan dapat mengakibatkan komplikasi lain yang terjadi di dalam tubuh. Segeralah  hubungi dokter  jika anda mulai merasakan susah untuk bernafas.

Sebaiknya anda tidak perlu menunggu tubuh anda memberikan sinyal kepada anda akibat merokok. Tetapi setidaknya anda segera sadar akan akibat merokok yang membahayakan bagi diri anda dan bahkan orang-orang di dekat anda akibat merokok pasif.

Jadi sudah saatnya anda berhenti merokok agar hidup menjadi lebih sehat. Dan bagi anda yang belum pernah merokok, jangan pernah mencoba merokok karena kesehatan anda menjadi jaminannya.