Bahaya Dampak Buruk Soda Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Tahukah anda kalau ternyata banyak jenis makanan di dunia ini yang sama sekali tidak mengandung nutrisi? Salah satunya adalah soda padahal seperti yang telah kita ketahui soda memiliki banyak penggemar. Sebab minuman ini telah seolah menjadi gaya hidup baru yang hampir dilakukan oleh banyak orang. Apalagi konsumsi minuman soda dapat menimbulkan sensasi menyegarkan. Namun tanpa mereka sadari bahwa sesungguhnya minuman soda tidak memiliki kandungan nutrisi ataupun gizi. Namun bukan itu saja, selain tidak memiliki kandungan nutrisi, konsumsi soda yang berlebihan juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan.



Berikut dampak buruk soda bagi kesehatan :

  • Konsumsi soda dapat mempengaruhi mood seorang
    Kandungan aspartam yang ada pada soda dan minuman bersoda dapat memicu seseorang untuk mengalami sakit kepala dan bahkan hingga penurunan mood. Hal seperti ini lebih cenderung mudah terjadi pada mereka yang memiliki kecenderungan untuk merasakan kecemasan atau depresi.
  • Konsumsi soda dapat meningkatkan resiko berkembangnya diabetes
    Mereka yang mengkonsumsi soda setiap harinya atau bahkan hingga lebih dari satu kali perharinya disebut-sebut memiliki resiko sebanyak 25% lebih besar untuk meningkatkan berkembangnya diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi tidak lebih dari satu minuman yang mengandung gula setiap harinya.
  • Konsumsi soda berdampak buruk untuk kesehatan kulit
    Tahukah anda konsumsi minuman bersoda yang berlebihan dapat berdampak pada permasalahan kulit dan membuat kulit mengalami penuaan lebih dini. Hal ini disebabkan minuman bersoda dapat menurunkan tingkat pH dalam tubuh, yang mana jika hal ini terjadi maka tubuh anda akan mudah sekali terserang jerawat dan membuat kulit cenderung lebih kusam dan tidak cerah.
  • Konsumsi soda dapat meningkatkan resiko serangan jantung
    Konsumsi soda yang dijadikan sebagai gaya hidup dikaitkan dengan peningkatan resiko serangan jantung hal ini dikemukakan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Miami bahwa mereka yang mengkonsumsi soda setiap hari memiliki resiko sebesar 44 % lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
  • Konsumsi soda dapat meningkatkan berat badan
    Untuk anda yang tengah menjalani program diet, mengkonsumsi soda jelas bukan pilihan yang bijak. Hal ini ditunjukan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Universisity of Texas Health Science Center yang mengungkapkan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi soda, maka akan semakin besar resiko orang tersebut mengalami overweight atau kelebihan berat badan. Mengkonsumsi dua kaleng atau lebih dari soda akan mampu meningkatkan lingkar pinggang hingga dengan 500 %.