Bahaya Daging Babi Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Selain memang haram untuk dikonsumsi bagi umat muslim, ternyata babi juga memiliki fakta ilmiah yang bisa merugikan bagi kesehatan. Pernyataan tersebut semakin dikuatkan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuan modern di dua negara Timur dan Barat yaitu China dan Swedia. Menyebutkan bahwa daging babi merupakan penyebab utama daru kanker anus dan kolon. Hal ini dikarenakan daging babi memiliki banyak kandungan parasit, bakteri, dan virus yang sangat berbahaya.

3716715546_49b16e795e_b

Bagi masyarakat yang suka mengonsumsi daging babi memiliki potensi besar mengidap berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan oleh parasit, bakteri dan virus yang terdapat pada daging babi. Lantas apa sajakah bahaya daging babi bagi kesehatan dan penyakit yang ditimbulkan?

• Penyakit cacing pita
Inilah salah satu penyakit yang menjadikan alasan mengapa daging berbahaya bagi kesehatan. Bahaya daging babi bagi kesehaatan yang pertama adalah dapat menyebabkan penyakit cacing pita. Cacing pita yang berasal dari daging babi masuk ke dalam tubuh dengan cara di konsumsi ini memang sangat berbahaya. Dimana dapat menguras nutrien dalam saluran pencernaan. Maka dengan begitu kebanyakan penderita akan mengalami kurang gizi dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

• Penyakit radang paru-paru
Bahaya daging babi bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyebabkan peradagan paru-paru atau paragonimiasis. Penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh parasit yang terdapat dalam daging babi. Adapun jenis parasit tersebut bernama p. westermani dan pulpanoris yang memiliki potensi menyerang paru-paru dan menyebabkan peradangan yang cukup parah. Jika penyakit tersebt tidak ditangani dengan cepat maka akan berakibat pada kematian.

• Penyakit balantidiasis
Penyakit ini terjadi akibat karena parasit yang terdapat pada daging babi yaitu balantidium coli. Parasit ini adalah protozoa yang terdapat di dalam sekum dan usus besar babi yang berkembangbiak di saluran pencernaan. Parasit ini jika sudah masuk dalam tubuh manusia maka akan mengakibatkan disentri akut dan menurun pada organ vital manusia.

Baca Juga:  Periodontitis

BACA JUGA : Hati-hati Mendengkur Bisa Memicu Penyakit