Bahaya Bentakan! Bisa Ganggu Struktur Otak Anak

DokterSehat.Com – Bunda, apakah anak anda tiba-tiba dia agak bawel dan nakal? Tentunya hal ini biasa terjadi, bahkan hampir setiap hari bukan? Namun Bagi Sebagian ibu, menahan diri untuk tidak marah dan membentak Sikecil merupakan hal yang sulit. Padahal bunda, membentak anak akan berdampak buruk bagi perkembangan otaknya.



Penelitian yang dilakukan Lise Eliot juga menemukan saat ibu yang memberikan belaian lembut sambil menyusui rangkaian otak terbentuk indah.

Kebiasaan orangtua memarahi anaknya akan berdampak pada perkembangan otak. Jika tidak terkendali bisa menganggu struktur otak anak itu sendiri, kata DR dr Tb Rahmat Sentika Sp A MARS, Deputi Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bidang Peningkatan Kesehatan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di kantor PMK Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Kebiasaan memarahi, kata dokter yang membuka praktek kedokteran di Tangerang Selatan ini, juga akan memberikan dampak pada jantung dan lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan, emosi negatif seperti marah mempunyai gelombang khusus yang dipancarkan dari otak lalu bergabung dengan gelombang suara orang berteriak.

Satu kali bentakan, sel-sel otak orang yang dijadikan target akan mengalami kerusakan karena gelombang ini, katanya.

Tidak hanya anak-anak, saat remaja, orang dewasa juga mengalami kerusakan walaupun tidak sebesar anak-anak.