Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Otak

DokterSehat.Com – Bagi sebagian kalangan, begadang merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh kalangan remaja dan juga kalangan orang pekerja keras. Berbagai alasan pun sering digunakan untuk melakukan kebiasaan begadang seperti dikejar pekerjaan kantor yang menumpuk, berkumpul bersama dengan teman dekat atau menonton film favorit. Namun perlu anda ketahui bahwa, melakukan kebiasaan begadang dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti mengganggu kesehatan organ otak.

11

Berbagai aktivitas yang dapat menguras tenaga dan pikiran, tidur merupakan cara alami yang sangat bermanfaat dalam memulihkan tenaga dan menyegarkan otak pada saat terbangun di pagi hari. selain itu, tidur yang cukup di malam hari merupakan kebiasaan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan seluruh organ di dalam tubuh. Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan begadang hingga larut malam dan istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina dan kebugaran tubuh.

Berikut ini bahaya begadang bagi kesehatan otak :

  • Beresiko besar terkena penyakit alzheimer serta kelainan syaraf lainnya
    Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc. dari Pusat Medis University of Rochester Medical Center, saat tertidur pulas pada malam hari, organ otak akan bekerja maksimal unuk  membuang racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf yang menumpuk di organ otak selama beraktivitas seharian. Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Hal inilah yang menjadi alasan kuat, tidur pada malam hari lebih berperan penting daripada begadang tiap malamnya.
  • Saat seseorang tertidur pulas pada malam harinya, organ otak akan menciut hingga 60 persen. Hal ini akan membuat cairan pada tulang belakang otak dapat mengalir lancar. Cairan pada tulang belakang otak berperan dalam hal membuang sampah serta racun yang terakumulasi di otak ke dalam sistem peredaran darah serta hati seseorang untuk disaring. Semua proses diatas, akan berjalan maksimal, saat seseorang tertidur pulas serta nyenyak pada malam hari.