Tidur Terlalu Lama Ternyata Juga Berbahaya Bagi Anak

doktersehat-anak terlalu banyak tidur
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Tidur sering dianggap sebagai hal yang sepele dalam aktivitas sehari-hari. Pada usia anak-anak, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti penurunan IQ, masalah emosional, risiko ADHD dan diabetes. Nah tahukah Anda bahwa ternyata terlalu banyak tidur juga dapat membahayakan gangguan kesehatan si kecil?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan anak untuk tidur?

Durasi tidur yang dibutuhkan oleh anak berbeda-beda tergantung usia anak. Untuk bayi berusia 0-3 bulan umumnya membutuhkan waktu tidur selama 14-17 jam setiap harinya. Memasuki usia 4 bulan hingga 1 tahun kebutuhan tidurnya semakin singat hingga 14-15 jam per hari.

Menginjak usia 1 hingga 5 tahun, rata-rata anak membutuhkan waktu tidur selama 10-14 jam sehari. Pada usia ini anak mungkin akan mengalami gangguan sulit tidur dan terbangun di malam hari sehingga kurang tidur. Sedangkan untuk anak berusia 6-13 tahun, membutuhkan tidur sebanyal 9-11 jam setiap harinya.

Bahaya anak kecil tidur terlalu lama

Tidur terlalu banyak ternyata sama bahayanya dengan kurang tidur. Beberapa bahaya dari waktu tidur yang terlalu lama di antaranya:

1. Memicu depresi

Tidur memang sarana yang terbaik untuk memulihkan tenaga dan stamina dan melepaskan stres. Namun tidur yang terlalu lama justru dapat memicu depresi. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur lebih lama dari jam tidur yang dibutuhkan mengalami gejala depresi hingga lebih dari 40%.

2. Melemahkan fungsi otak

Tidur terlalu lama ternyata dapat membahayakan fungsi otak. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mempercepat tanda kepikunan. Karena itu sebaiknya gunakan waktu beristirahat dengan tepat.

3. Obesitas

Saat tidur, metabolisme tubuh berjalan lambat sehingga ketika anak tidur terlalu lama dapat terancam obesitas. Bagi anak yang selalu tidur lebih lama dari waktu yang dibutuhkan, dapat berisiko mengalami obesitas di masa kanak-kanak maupun dewasa.

Mencegah anak tidur terlalu lama

Anda dapat mencegah anak tidur terlalu lam dengan mencatat atau mengingat-ingat jam tidur anak. Catat jam mulai tidurnya dan batasi untuk tidak tidur lebih dari 15 jam per hari termasuk tidur siang. Segera bangunkan anak jika jam tidur siang atau malamnya melebihi jam yang direkomendasikan.

Latih anak untuk tidur tepat waktu agar anak terbiasa melakukan hal tersebut selama beberapa hari. Dengan demikian anak akan memiliki jadwal tidur yang tepat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik