Bahaya Alat Makan Melamin

DokterSehat.Com – Peralatan makan melamin mungkin lebih terasa ringan daripada alat makan yang terbuat dari kaca atau keramik. Tapi, ternyata peralatan makan melamin belum tentu aman untuk kesehatan Anda.

doktersehat-piring-gelas-melamin

Sudah banyak penelitian yang menginformasikan dampak buruk dari melamin. Penggunaan melamin pada makanan panas bisa mempengaruhi kesehatan anak-anak dan orang dewasa.

Makanan yang tercemar melamin berkaitan dengan munculnya batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa. Parahnya, pencemaran melamin ini juga dapat menyebabkan kematian.

Dalam penelitian ini  Dr Chia-Fang Wu mengukur kadar melamin urine dalam pria dan wanita yang mengonsumsi sup dengan memakai peralatan melamin. Peneliti membandingkan peserta yang makan sup panas dengan menggunakan mangkuk melamin dan mangkuk keramik. Sampel urin dikumpulkan sebelum makan, dan setiap dua jam selama 12 jam setelah makan.

Hasilnya, peneliti menemukan ekskresi melamin total dalam urine selama 12 jam adalah 8,35 mikrogram per liter setelah sup dikonsumsi dari mangkuk melamin, sementara urine peserta yang makan sup dari mangkuk keramik hanya terdapat 1, 31 mikrogram.

Makanan panas yang diletakkan dalam peralatan melamin dapat memicu lepasnya sejumlah besar melamin. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan peralatan makan dari kaca atau keramik saat mengonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu panas.