Kandungan Bahan yang Harus Dihindari oleh Pemilik Kulit Sensitif

doktersehat-bahan-yang-harus-dihindari-kulit-sensitif
Photo Credit: Flickr.com/tommerton2010

DokterSehat.Com– Memiliki jenis kulit sensitif memang membutuhkan kesabaran yang lebih ekstra demi mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Hal ini tentu saja berkaitan dengan pemilihan formula bahan dan produk perawatan kulit yang sesuai dan tidak menimbulkan reaksi iritasi mau pun alergi pada kulit. Maka dari itu, pemilik kulit sensitif sangat disarankan untuk lebih selektif dalam memilih produk perawatan kulit dengan cara melihat komposisi atau formula bahan yang terkandung di dalamnya. Usut punya usut, rupanya sejumlah dokter kulit membagikan rahasia yang sangat berguna bagi pemilik kulit sensitif. Pemilik kulit sensitif sangat disarankan untuk menghindari produk yang mengandung:

1. Alkohol

Dilansir dari laman Byrdie, bahan pertama yang harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif adalah alkohol. Kendati alkohol dapat menyerap kelebihan minyak dan menyegarkan kulit, bahan satu ini rupanya justru memicu kulit kering. Kulit kering sendiri merupakan awal mula dari iritasi alergi dan breakout yang menyerang kulit.

2. Parfum

Parfum atau biasa dituliskan sebagai ‘fragrance’ ini merupakan salah satu bahan yang diklaim memicu reaksi iritasi pada kulit. Tidak heran jika pemilik kulit sensitif sangat tidak disarankan untuk menggunakan produk perawatan yang memiliki aroma tertentu. Dilansir dari laman Byrdie, produk dengan kandungan parfum kerap menimbulkan ruam atau peradangan pada kulit sensitif. Lebih lanjut, tambahan parfum pada produk perawatan kulit juga melemahkan lapisan dalam kulit yang menjadikan kulit lebih rentan mengalami breakout.

3. Amonium dan Sodium Lauryl Sulfate

Anda yang memiliki jenis kulit sensitif juga harus menghindari produk yang mengandung amonium lauryl sulfate dan sodium lauryl sulfate. Hal ini lantaran kedua bahan tersebut kerap memicu reaksi iritasi pada kulit.

4. Cangkang Biji Aprikot

Belakangan ini banyak bermunculan produk perawatan kulit dengan kandungan buah dan biji aprikot. Sayangnya produk tersebut sangat tidak disarankan untuk kulit sensitif. Hal ini disebabkan karena cangkang biji aprikot terlalu kasar dan dapat merusak lapisan kulit sensitif dengan mudah.

Siapa yang menyangka jika komposisi bahan yang kerap dicantumkan pada hampir semua produk perawatan kulit di atas ternyata sangat berbahaya bagi kulit sensitif. Maka dari itu untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, gunakan produk yang dilengkapi dengan label ‘khusus untuk kulit sensitif’. Anda juga dapat mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kulit langganan.