Bahan Makanan Untuk Mengatasi Asam Lambung

DokterSehat.Com – Makanan yang kita makan harus dicerna dengan baik. Dalam proses pencernaan asam lambung adalah rahasia yang sangat penting untuk pencernaan. Asam ini membantu memecah makanan. Tetapi dalam situasi atau kondisi yang ada produksi asam terkadang berlebih dari yang sebenarnya dibutuhkan. Dalam kondisi ini, Anda merasa mulas dan rasa sakit atau iritasi di kerongkongan.

18242409878_5bac81f1b8_b

Naiknya produksi asam di saluran pencernaan menyebabkan munculnya asam lambung (maag). Tentunya, keadaan ini diawali oleh asupan makanan dan minuman yang kurang baik. Selain itu, pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag.

Jika asam lambung naik biasanya sebagian besar masyarakat kita langsung mengonsumsi obat jenis antasida untuk meringankan dampaknya. Namun, tahukah Anda, ketimbang obat-obatan, ternyata ada beberapa jenis dan bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam lambung?

Apa saja jenis dan bahan makanannya? Simak ulasannya berikut ini :

• Jahe
Siapa yang tidak mengenal besarnya manfaat jahe sebagai ramuan obat. Kemampuannya untuk menyembuhkan dan memperbaiki berbagai jenis kondisi medis termasuk keasaman inilah yang membuatnya kerap dipuji masyarakat. Sepanjang sejarah, jahe telah digunakan sebagai makanan anti-inflamasi atau anti-peradangan untuk mengobati kondisi pencernaan.

• Madu organic
Madu organik secara langsung dapat meredakan ketidaknyamanan, menenangkan dan cepat mengatasi sakit maag yang menyakitkan. Madu organik yang tinggi kalium membantu meningkatkan pencernaan dan membentuk sebuah lapisan alkali di dalam perut. Campur madu dengan cuka sari apel untuk membuat minuman yang dapat mengurangi gejala refluks asam lambung secara langsung. Satu sendok madu juga dapat membantu sebelum tidur atau pada malam hari jika terbangun oleh karena refluks asam lambung.

Baca Juga:  Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Ibu Hamil

• Susu
Susu mengandung kalsium yang bekerja sebagai obat antasid untuk menetralkan asam lambung. Jika Anda menderita keasaman, maka Anda sangat disarankan untuk minum segelas susu. Selain itu, kehadiran sejumlah besar kalsium dalam perut juga akan menetralisir jumlah kelebihan asam lambung.

• Oatmeal
Dibalik rasanya yang nikmat dan mudahnya dicerna karena teksturnya yang lunak, oatmeal secara bertahap juga mampu membantu meredakan asam lambung yang meningkat. Konsumsi semangkuk oatmeal, jika Anda mengalami rasa nyeri atau tidak nyaman pada lambung.

• Apel dan cuka sari apel
Apel mengandung enzim tertentu dan asam sehat, sehingga dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk menetralkan asam lambung. Jadi, satu buah apel sehari atau satu sendok makan cuka sari apel sehari, dapat membantu mengurangi asam pada lambung.

• Chamomile dan teh adas
Keduanya merupakan teh herbal yang dianggap sebagai beberapa teh terbaik untuk melawan asam lambung. Mengonsumsi secangkir teh hangat saat pagi dan/ atau sore hari sangat bermanfaat membantu menjaga kesehatan lambung.

• Baking soda
Baking soda dapat digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan yang disebakan oleh asam lambung. Caranya, campurkan ¼ sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air, sedikitnya 1-2 kali sehari. Secara langsung, baking soda akan membantu mengurangi, sekaligus menetralkan asam dalam perut hingga ke kerongkongan.

BACA JUGA : Bahaya Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur