Bahan Kimia Penyebab Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Kanker payudara hingga saat ini masih menjadi salah satu momok yang paling ditakuti oleh banyak wanita di seluruh dunia. Apalagi semakin lama, jumlah penderita kanker payudara semakin bertambah. Saat ini saja, tercatat satu dari delapan wanita memiliki risiko mengidap kanker payudara. Bahkan dalam setahun, angka kematian yang disebabkan oleh kanker payudara mencapai 40.000 jiwa di seluruh dunia. Karena itu, sudah saatnya kita sesama wanita, saling mengingatkan tentang bahaya kanker payudara.



Banyak hal kecil yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Salah satunya adalah menjauhkan diri dari bahan-bahan atau material yang mengandung bahan kimia pemicu kanker. Bahan kimia itu secara tidak disadari masih banyak terkandung di alat-alat yang kita gunakan sehari-hari, terutama yang berbahan plastik.

Berikut 3 bahan kimia berbahaya yang bisa menjadi pemicu terjadinya kanker payudara :

  • Bisphenol-A
    Bahan kimia ini nyaris bisa ditemukan di segala benda dan efeknya pun sangat mengerikan yaitu dapat merusak hormon. Sebuah studi mengatakan bahwa kandungan Bisphenol-A juga dikaitkan dengan proses pubertas yang terlalu dini, dan itu merupakan salah satu penyebab kanker payudara. Cara menghindarinya adalah dengan memilih bahan material kaca atau stainless steel ketimbang kemasan plastik. Pastikan juga ketika anda membeli barang atau benda ada tulisan BPA-Free atau tidak mengandung Bisphenol-A.
  • Paraben
    Zat kimia yang satu ini bisa dengan mudah menyerap ke dalam kulit. Biasanya Paraben sering digunakan sebagai pengawet di kosmetika seperti pada lotion, krim maupun deodoran. Ketika anda membeli peralatan kosmetik tersebut, pastikan tidak ada kata paraben dalam kemasannya. Untuk hasil yang terbaik, konsultasikan ke dokter kulit anda tentang penggunaan produk kecantikan yang tepat dan sehat.
  • Phthalate
    Anda mungkin belum mendengar nama bahan kimia ini. Phthalate adalah bahan kimia yang banyak di gunakan di berbagai macam produk dan bisa membuat plastik menjadi lebih lembut dan lentur. Bahan kimia ini juga digunakan di banyak kosmetika, detergen, produk pembersih bahkan pada pewangi udara. Jika anda ingin membeli suatu barang, pastikan ada tulisan Phthalate free pada kemasannya.
Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Itulah 3 bahan kimia penyebab kanker payudara yang perlu anda waspadai. Sebisa mungkin telitilah terlebih dahulu kemasan barang yang anda beli, terutama yang mengandung kata seperti yang disebutkan diatas.