Bahan Dapur Ini Bisa Mengatasi Ketiak Atau Lipatan Leher yang Gelap

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang risih dengan adanya beberapa bagian tubuh yang gelap layaknya ketiak, lipatan paha, atau lipatan leher. Munculnya warna gelap pada bagian kulit tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh, gesekan paha dengan pakaian dalam bisa memicu warna gelap pada lipatan paha. Sementara itu, kebiasaan melakukan pencukuran, pencabutan bulu ketiak yang tidak benar, atau penggunaan deodoran yang tidap tepat akan membuat ketiak menjadi lebih gelap. Untuk lipatan leher yang gelap, ada baiknya kita mewaspadai adanya masalah kesehatan yang lebih serius layaknya diabetes, gangguan hormonal, hingga gangguan pencernaan.

doktersehat-ketiak-wanita

Jika kita ingin mengatasi masalah warna gelap pada lipatan ketiak atau leher yang tentu sangat mengganggu penampilan ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan bahan-bahan yang ternyata bisa kita temui pada dapur. Bahan tersebut adalah garam, minyak zaitun, dan baking soda.

Kita hanya perlu menyiapkan satu sendok makan minyak zaitun, satu sendok makan garam, dan satu sendok makan baking soda. Ketiga bahan dapur ini tinggal kita campurkan. Setelahnya, kita tinggal memanaskan semua bahan ini dan aduk hingga larut. Setelahnya, biarkan campuran ini mendingin dan barulah bisa kita gunakan pada bagian kulit yang gelap. Setelah dioleskan pada bagian kulit yang gelap layaknya ketiak atau lipatan leher, biarkan ramuan ini meresap hingga 15 atau 20 menit dan barulah kita bilas dengan air dingin.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa menggunakan ramuan ini tiga kali dalam seminggu jika ingin bagian kulit yang gelap tersebut kembali cerah. Hanya saja, ada baiknya kita memastikan untuk tidak kerap terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Jika kita harus beraktifitas di bawah paparan sinar matahari, pakar kesehatan juga menyarankan kita memakai tabir surya atau krim pelembab. Tak hanya itu, kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan memperbanyak asupan air minum yang bisa menyehatkan kulit.