Bahan Dapur Ini Bisa Mengatasi Batuk Kering

DokterSehat.Com – Salah satu jenis penyakit yang sangat menyiksa adalah batuk kering. Bagaimana tidak, batuk yang tidak memiliki dahak ini bisa membuat tenggorokan kita sangat gatal. Dalam banyak kasus, penyakit ini juga bisa membuat kita batuk-batuk dengan suara yang mirip layaknya orang menggonggong. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika batuk kering bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh mengingat kemampuannya memicu rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan andai tidak segera ditangani.

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Memang, kita bisa mendapatkan obat-obatan yang bisa mengatasi batuk kering dengan mudah di apotek atau toko-toko terdekat. Namun, banyak dari obat-obatan ini yang memiliki efek samping menimbulkan rasa kantuk sehingga tentu akan menghambat aktifitas kita. Beruntung, kita bisa mengatasi batuk kering dengan bahan alami yang bahkan bisa didapatkan dari dapur kita. Obat dari bahan alami ini diyakini tidak akan memberikan efek samping berupa munculnya rasa kantuk. Seperti apakah obat batuk kering dari bahan alami ini?

Kita hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan madu, 2 sendok teh bubuk cengkeh, dan segelas air panas. Ketiga bahan alami ini tinggal kita campur hingga merata. Setelah itu, kita hanya perlu mengkonsumsi campuran ini setiap malam saat menjelang tidur. Setelah beberapa kali rutin mengkonsumsinya, rasa gatal pada tenggorokan menjadi lebih ringan dan batuk kering pun akan mereda.

Menurut pakar kesehatan, kandungan madu memiliki sifat anti inflamasi yang akan membantu menurunkan peradangan dan meredakan rasa sakit pada tenggorokan, sekaligus menurunkan intensitas batuk. Cengkeh sendiri adalah bahan alami yang memiliki sifat anti bakteri sehingga akan secara efektif membunuh berbagai mikroba penyebab infeksi pada tenggorokan.

Tak hanya dikonsumsi saat kita mengalami batuk kering, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi campuran ini untuk membuat saluran pernafasan, khususnya tenggorokan tetap terjaga kesehatannya.