Bahan-Bahan Berkebun Berpotensi Sebabkan Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Berkebun boleh menjadi salah satu kegiatan favorit Anda, karena banyak banget yang bisa kalian dapatkan dari kegiatan satu ini. Seperti, halaman atau taman mini rumah jadi lebih indah dan enak dilihatnya. Bahkan kalau kamu memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, berkebun juga bisa dibilang sebagai kegiatan berolahraga yang menyenangkan. Tapi, kamu tetap perlu berhati-hati ya saat berkebun.

13

Kehati-hatian ini penting terutama jika Anda sering menggunakan berbagai bahan kimia untuk berkebun seperti semprotan pembasmi hama, pupuk, atau lainnya. Memang bahan-bahan tersebut ampuh untuk mengusir hama, membuat kebun terlihat lebih hijau, serta membuat bunga mekar lebih banyak.

Tapi perlu Anda ketahui juga bahwa bahan kimia yang terkandung pada bahan untuk berkebun juga dapat menimbulkan kanker pada manusia, seperti dilansir breastcancer.org. Hasil ini didapat dari sebuah penelitian yang bertujuan menguak pengaruh bahan kimia terhadap tubuh manusia.

Sayangnya, masih sulit untuk menentukan bahan kimia apa saja yang berpotensi sangat membahayakan karena dapat memicu berkembangnya sel kanker, terutama kanker payudara pada wanita. Seperti yang kita ketahui, bahan permbasmi hama atau pupuk kimia mengandung berbagai jenis bahan kimia yang dicampur menjadi satu. Inilah yang membuat peneliti kebingungan untuk menentukan bahan kimia yang paling berpotensi menyebabkan kanker.

Yang jelas nih, sebagian besar dari bahan kimia yang terkandung di semprotan pembasmi hama maupun pupuk kimia termasuk dalam bahan perusak fungsi hormon. Jika Anda terkena paparan bahan tersebut secara terus-menerus, bisa jadi hormon yang bekerja dalam tubuh tidak lagi normal dan menyebabkan adanya mutasi gen sehingga sel kanker payudara yang bersifat hormon reseptif dapat tumbuh di dalam tubuh. So, batasi penggunaan bahan-bahan kimia itu ya, Ladies.