Bahan Alami Untuk Mengobati Amandel

DokterSehat.com – Penyakit amandel kerap dialami anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya penderita akan mengalami sakit ketika menelan makanan. Hal ini disebabkan adanya tonjolan di daerah kerongkongan.



Untuk mengobati amandel sebagian orang memilih operasi karena cepat memberikan hasil. Namun, sebenarnya pengobatan amandel tak hanya dengan operasi. Anda bisa melakukan pengobatan alami yang murah dan minim efek samping. Berbeda dengan operasi, hasil yang ditunjukkan dengan pengobatan alami tentu saja membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa mengobati amandel:

Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek hampir mirip dengan daun lidah buaya namun lebih tipis dan tepian daunnya bergerigi. Jika dipatahkan daun ini akan menghasilkan lendir bening seperti lidah buaya. Untuk mengobati amandel, Anda bisa mulai dengan menumbuk halus beberapa lembar daun cocor bebek lalu peras. Kemudian gunakan air perasan tadi untuk berkumur dan jangan sampai tertelan. Lakukan secara rutin supaya peradangan amandel cepat sembuh.

Akar Kompri Segar

Akar kompri yang masih segar juga bisa mengobati amandel. Caranya, potong-potong akar kompri segar lalu rebus dengan 3 sampai 4 gelas air. Tunggu sampai mendidih hingga tersisa air kira-kira 2-3 gelas. Kemudian saring dan minum jika sudah mulai dingin.

Akar Alang-Alang

Akar alang-alang dikenal mampu meredakan radang tenggorokan. Tapi, hasil riset beru-baru ini menyatakan bahwa akar alang-alang juga berkhasiat mengobati amandel sebab memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Untuk mengobati amandel dengan akar alang-alang, caranya rebuslah akar alang-alang dengan 4 gelas air sampai mendidih. Lalu tunggu hingga air tersisa 2 atau 3 gelas. Saring selagi panas lalu gunakan air untuk berkumur-kumur.