bahan alami penyembuh luka di lidah

DokterSehat.com – Lidah tergigit terkadang menimbulkan rasa sakit dan nafsu makan pun menjadi berkurang. Untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami, seperti:



Air garam

Berkumur dengan campuran air hangat dengan garam dapat membantu mencegah infeksi dan membunuh bakteri yang bisa memperparah luka lidah.

Kompres dengan es batu

Lanjutkan mengompres lidah dengan es batu untuk menghentikan pendarahan dan luka bisa lebih cepat tertutup. Mungkin akan timbul rasa sedikit ngilu tapi cobalah bertahan agar darah yang dikeluarkan tidak semakin banyak.

Sembuhkan luka dengan baking soda

Campurkan air dengan sedikit baking soda lalu aplikasikan pada bagian lidah yang terluka dengan cotton bud. Mungkin rasanya akan sedikit pedih, tapi luka akan segera tertutup cepat secara alami.

Kompres dengan madu

Madu merupakan bahan yang aman dan tercepat dalam mengeringkan luka dan mencegah infeksi. Kompres luka dengan 1 sdt madu yang didiamkan di mulut supaya bisa bekerja menutup luka. Selain itu, madu akan membantu mengembalikan nafsu makan karena lidah sudah tidak nyeri lagi.

Jangan makan pedas

Saat lidah terluka sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan pedas dan berbumbu karena bisa membuat penyembuhan luka semakin lama.