Bahan Alami Penghilang Jerawat di Hidung

DokterSehat.com – Jerawat tak hanya merusak penampilan tapi terkadang menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu. Jerawat bisa muncul di pipi, dahi, punggung, dada, terutama di hidung. Hidung merupakan gudang sel kulit mati yang bisa menghalangi pori-pori. Jika jerawat Anda di hidung sudah mulai mengganggu, sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan baan alami seperti berikut ini:



1. Uap
Arahkan uap dari air hangat ke wajah selama 20 sampai 30 menit. Cara ini bisa membuka pori-pori kulit yang tertutup sekaligus menghilangkan kelebihan minyak di kulit.

2. Scrub gandum
Campurkan serpihan gandum dan madu kemudian gosokkan pada hidung sebanyak dua kali sehari selama dua minggu. Kurangi frekuensinya menjadi satu kali sehari.

3. Minyak pohon teh
Untuk mengatasi jerawat di hidung dan bagian tubuh lainnya, cobalah pijat hidung dengan minyak pohon teh. Diamkan selama sepuluh menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Es
Jerawat bisa menyebabkan peradangan dan nyeri. Untuk mengatasinya, bungkus es batu dengan sapu tangan berbahan katun kemudian tempelkan dan pijat bagian yang terdapat jerawat. Cara ini akan mengurangi efek jerwat pada kulit.

5. Gel lidah buaya
Lidah buaya tak hanya baik untuk kesehatan rambut tapi juga bisa menyembuhkan jerawat di hidung. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat mengurangi bekas jerawat dan kulitpun lebih bersinar secara alami.

6. Cuka sari apel
Celupkan bola kapas dalam cuka sari apel dan gunakan untuk menyeka kulit hidung. Jika kulit Anda sensitif, pastikan bahwa Anda tidak alergi dengan asam sebelum mencoba obat rumahan ini.

7. Lemon
lemon efektif mengobati jerawat. Kandungan asam dan antioksidan dapat membersihkan kulit sekaligus obat jerawat.

Baca Juga:  Hati – Hati! 10 Penyakit Berbahaya Berikut Ditularkan Antar Spesies