Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Gusi Bengkak

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang membuat tidak nyaman adalah gusi bengkak. Biasanya, gusi bengkak ini muncul beriringan dengan sakit gigi. Namun, tak jarang pula gusi bengkak disebabkan oleh hal sepele layaknya kesalahan saat menggosok gigi. Satu hal yang pasti, gusi bengkak akan membuat mulut tidak nyaman, apalagi saat kita makan. Beruntung, beberapa bahan alami berikut ini bisa mengatasi gusi bengkak dengan cepat.

doktersehat-sakit-karang-gigi

Cengkeh
Bahan alami pertama yang bisa kita gunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah cengkeh. Kita hanya perlu mencampur minyak cengkeh dengan lada hitam dan kemudian mengoleskannya pada bagian gusi yang sakit. Bahan alami ini bisa mengatasi rasa sakit sekaligus peradangan yang muncul bersama dengan gusi bengkak tersebut. Tak hanya itu, minyak cengkeh juga bisa mengurangi pembengkakan pada gusi.

Air garam
Tak hanya mengatasi radang tenggorokan, berkumur dengan air garam ternyata juga bisa mengatasi masalah gusi bengkak. Kita hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan garam dengan air hangat. Setelah tercampur dengan merata, gunakan untuk berkumur-kumur untuk mengatasi pembengkakan pada gusi tersebut.

Jeruk nipis
Rebuslah jeruk nipis dengan segelas air. Setelah itu, air rebusan ini bisa kita gunakan untuk berkumur-kumur sebanyak dua kali dalam sehari. Dengan melakukannya, pembengkakan pada gusi pun segera mereda. Kita juga bisa menambahkan sari bunga mawar pada air rebusan jeruk nipis ini jika ingin mempercepat penyembuhan gusi.

Soda kue
Soda kue atau baking soda ternyata bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah pembengkakan pada gusi. Campurkan soda kue ini dengan ekstrak kunyit dan kemudian oleskan pada gusi yang membengkak. Jika kita melakukannya secara rutin, gusi pun akan segera sembuh.

Gel lidah buaya
Kita hanya perlu menggosokkan gel lidah buaya pada gusi yang membengkak. Tak hanya mengurangi pembengkakan, bahan alami ini juga bisa mengurangi pendarahan dan rasa nyeri pada gusi.