Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Batuk Kering

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang sangat menyiksa adalah batuk kering. Bagaimana tidak, jika batuk berdahak bisa memberikan perasaan lega karena bisa membuat kita membuang dahak, batuk kering akan cenderung memberikan rasa gatal yang luar biasa. Pakar kesehatan menyebutkan jika batuk kering bisa disebabkan oleh alergi, udara yang kotor, atau konsumsi makanan yang tidak sehat yang akhirnya memicu radang tenggorokan. Lantas, apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah batuk kering ini?

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Tak hanya dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa didapatkan dari dokter atau apotek, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan bahan alami berupa madu dan bawang putih. Tak disangka, madu dan bawang putih sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu obat tradisional untuk melawan batuk atau flu yang disebabkan oleh infeksi virus. Kedua bahan alami ini memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu mengatasi berbagai infeksi sekaligus melawan bakteri yang bisa menyebabkan batuk. Sifat anti inflamasi dari madu dan bawang putih juga akan secara efektif meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk membuat ramuan dari madu dan bawang putih ini, kita hanya membutuhkan 1 atau 2 sendok makan madu organik, 2 sendok teh bawang putih yang sudah dijadikan bubuk, dan 1 cangkir air hangat. Kita hanya perlu mencampurkan semua bahan ini menjadi satu dan mengaduknya hingga merata. Setelahnya, kita hanya perlu meminumnya sebelum tidur. Dengan mengkonsumsi ramuan bahan alami ini secara rutin, lambat laun batuk kering pun akan sembuh.

Tak hanya mengkonsumsi ramuan madu dan bawang putih secara teratur, ada baiknya kita menghindari ruangan ber-AC atau kipas angin terlebih dahulu demi mengatasi batuk kering ini. Selain itu, ada baiknya kita memperbanyak asupan air putih hangat.