Bahan Alami Ini Atasi Perut Kembung

DokterSehat.Com– Perut kembung atau flatulensi adalah gangguan yang terjadi akibat adanya peningkatan jumlah gas atau udara di saluran pencernaan. Gas-gas eksogen yang ditelan (aerophagia) saat makan, minum, atau menelan bisa meningkat selama volume air liur berlebihan. Selain itu, bisa juga diakibatkan oleh penyakit gastroesophageal reflux yang bisa menimbulkan mual.

Gangguan perut kembung ditandai dengan berbagai gejala, seperti:

  • Muncul rasa sesak di perut
  • Mulas bahkan diare
  • Kerap mengeluarkan gas saat makan ataupun beberapa saat setelah makan

Meski belum makan terkadang perut sudah terasa penuh, sebah (nyeri di perut), mual, dan kembung. Kondisi seperti ini tentu saja bisa membuat perut menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya sebaiknya jangan buru-buru mengonsumsi obat-obatan kimia. Anda bisa mengatasinya dengan ramuan dari bahan alami yang mudah didapat.

Beberapa obat tradisional memiliki khasiat yang terbukti bisa meredakan perut kembung, sebah, mual, dan menetralkan asam lambung. Berikut ini beberapa ramuan obat perut kembung dan mual yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan gangguan di perut.

1. Jeruk nipis, jahe dan madu

Cara mengobati perut kembung dan mual, ambil sari jeruk nipis, parut jahe dan ambil sarinya, serta siapkan madu. Campur ketiga bahan tersebut dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata, lalu segera minum selagi hangat.

2. Ketumbar dan susu

Haluskan 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya. Campur bubuk ketumbar dalam segelas susu hangat, minum lalu berbaring sebentar untuk meredakan gangguan di perut.

3. Daun mint

Campurkan 4 lembar daun peppermint dalam segelas teh panas, diamkan beberapa saat dan perut akan terasa lebih hangat.

4. Jahe, susu, dan teh

Taruh jahe yang sudah dimemarkan ke dalam gelas lalu masukkan teh panas. Diamkan sebentar lalu minum selagi hangat. Bila ingin lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu untuk pemanisnya.

5. Kompres

Mengompres dengan air hangat juga dapat menghilangkan nyeri pada perut dengan sendirinya. Bila Anda tidak memiliki alat kompres dari karet, gunakan saja botol kaca yang diisi dengan air panas. Agar perut tidak kepanasan, balut botol dengan serbet sebelum ditempel ke perut.

6. Baking soda dan lemon

Soda kue juga disebut natrium bikarbonat, bekerja sebagai antasid yang efektif untuk mengeluarkan gas perut. Bahan yang mudah ditemukan di dapur ini bekerja lebih baik bila dikombinasikan dengan jus lemon.

Cara mengobati perut kembung secara tradisional:

  • Peras jus dari ½ lemon ke dalam segelas air hangat.
  • Tambahkan 1 sendok teh soda kue ke dalamnya.
  • Minum ini segera untuk bantuan instan dari rasa sakit gas dan gas.

Jika Anda tidak memiliki lemon, Anda cukup mencampur 1 sendok teh soda kue dalam 6 ons air (sedikit kurang dari 1 gelas) dan meminumnya.

Namun, jangan membuat kebiasaan meminum soda kue setiap kali perut kembung karena hanya sementara memperbaiki, tetapi tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Catatan: Jangan konsumsi soda kue berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Selain itu, soda kue tidak dianjurkan bagi mereka yang menjalani diet yang dibatasi natrium.

7. Kayu manis

Kayu manis akan menenangkan perut dan juga mencegah penumpukan gas di perut. Kayu manis mencegah pembentukan gas dengan mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin dari dinding lambung. Bahkan, kayu manis dapat memberi Anda bantuan instan dari perut kembung.

Cara mengobati perut kembung secara tradisional:

  • Tambahkan ½ sendok teh bubuk kayu manis ke secangkir susu hangat. Aduk dengan baik, lalu minum. Anda juga bisa menambahkan madu.
  • Sebagai alternatif, Anda dapat membuat teh kayu manis dengan menambahkan ½ sendok teh bubuk kayu manis (atau beberapa batang kayu manis) ke secangkir air mendidih.
  • Diamkan selama 5 menit, lalu minum.

Obat kembung tradisional di atas mudah didapat dan berkhasiat mengatasi masalah pencernaan, sehingga buang angin lebih lancar dan perut menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba Teman Sehat!