Baguskah Agar-Agar Untuk Cemilan Anak-anak?

DokterSehat.Com– Agar-agar berasal sari rumput laut atau alga yang di olah ke dalam bentuk bubuk, jika di larutkan dalam air panas akan menjadi padatan lunak yang kenyal dan digemari oleh anak-anak. Biasanya agar-agar di hidangkan sebagai makanan pencuci mulut yang bisa di sajikan dengan bermacam-macam kreasi dan warna sehingga tampilan dan rasa agar-agar menjadi lebih menarik. Agar-agar berbeda dengan jelly walaupun secara kasat mata bentuknya hampir sama, jelly berasal daru campuran sari buah dan gula yang diberi aroma perasa.

doktersehat-anak-anak-bermain-makan-sereal-playing-kid

Setelah menyantap makanan berat memang paling enak ditutup dengan dessert, nah, bila kamu menggemari agar-agar sebagai makanan penutup maka kamu sangat beruntung. Karena makanan kenyal satu ini punya banyak manfaat. Bukan hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, agar-agar juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat agar-agar:

1. Baik untuk kulit
Agar-agar mengandung asam amino alami, yang baik untuk kulit. Amino acid membantu pembentukan sel kulit tubuh. Selain itu kandungan collagen pada agar juga bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan, agar-agar juga kata kaya akan asam aspartat yang sangat baik dalam membantu proses regenarasi sel. Gemar memakan agar-agar juga membantu mengurangi berbagai masalah kulit salah satunya jerawat.

2. Membantu mempertahankan berat tubuh
Sedang diet atau takut badan bertambah gemuk sehingga menghindari dessert? Nah, pilihlah agar-agar sebagai makanan penutup. Agar-agar memiliki kalori yang rendah dan membantu mempertahankan berat badan dan melancarkan pencernaan. Karena agar-agar terbuat dari rumput laut, asalkan jangan mengkonsumsi agar-agar dengan kandungan gula yang tinggi.

3. Meningkatkan sistem imun dan menurunkan kolesterol
Agar-agar ternyata kaya akan karbohidrat dan vitamin B. Nutrisi tersebut sangat membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Banyak orang lebih suka mengkonsumsi agar-agar setelah selesai berolahraga. Makan agar-agar juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah resiko terkena serangan jantung.

Baca Juga:  Meditasi Bantu Otak Tetap Sehat

4. Mencegah masalah rambut
Agar-agar merupakan salah satu sumber asam folat, zat yang baik untuk kesehatam rambut. Rutin makan agar-agar bisa membantu mencegah masalah penipisan rambut dan rambut rontok.

5. Membantu mengatasi masalah radang sendi
Agar-agar terbuat dari gelatin alami yang bermanfaat untuk melumaskan persendian pada wanita dan membantu mengurangi resiko penyakit radang sendi atau arthritis.

6. Mengurangi stress
Asam amino esensial yang ada pada agar-agar mempunyai banyak kebaikan, salah satunya untuk mengatasi stress. Zat ini mempu mengurangi tingkat stress dan tanda-tanda depresi pada wanita, mengkonsumsi agar-agar bisa membuat tubuh lebih relaks.

Penyajian agar-agar bisa di campurkan dengan perasa makanan lain supaya anak tidak bosan dan menjadi lebih menarik, contohnya, mencampurkan agar-agar pada minuman segar, es krim, sebagai pengental kuah sup untuk anak. Ada banyak menu yang bisa di berikan untuk anak dengan menggunakan bahan dasar dari agar-agar.