Bagi Pria, Perhatikan Ini Saat Membersihkan Organ Vital

DokterSehat.Com – Mencuci organ vital adalah hal yang cenderung diabaikan oleh sebagian besar pria. Ada anggapan bahwa organ vital tidak terlalu banyak terkena debu dan kotoran sehingga kita bisa cukup mencucinya saat mandi saja. Padahal, jika kita tidak mencuci organ vital dengan benar, penis bisa diserang oleh berbagai macam bakteri. Disamping itu, kotoran layaknya sel kulit mati atau cairan tubuh pun bisa tertinggal pada organ vital yang tentu tidak akan baik bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-penis-pria-seks

Jika anda mandi, anda bisa mencuci organ vital dengan menggunakan air hangat. Cucilah bagian kulit penis atau bagian kulup dengan lembut dan menyeluruh. Hal ini bisa membuat banyak sel kulit mati dan smegma, pelumas alami penjaga kelembaban penis, terlepas dan ter-regenerasi dengan baik. Smegma yang tertumpuk pada kulit penis bisa menjadi tempat berkembang biak ideal bagi bakteri sehingga penis pun beresiko terkena pembengkakan dan iritasi. Selain itu, aroma dari penis pun akan menjadi semakin memburuk jika kebersihan diabaikan mengingat area organ vital ini sering berada dalam kondisi lembab dan berkeringat.

Tidak semua sabun mandi ternyata cocok bagi kebersihan organ vital. Beberapa sabun bahkan bisa membuat penis terasa nyeri. Air hangat ternyata menjadi pembersih paling ideal untuk membersihkan penis. Hanya saja, jika anda ingin mendapatkan kebersihan maksimal, sabun yang tidak memiliki aroma dan berbahan ringan bisa meminimalisir iritasi pada kulit penis.

Setelah mandi, jaga penis dalam kondisi yang benar-benar kering sebelum memakai celana dalam. Hal ini tentu bisa mencegah tumbuh suburnya jamur dan bakteri di organ vital yang bisa memicu infeksi. Selain itu, perhatikan pula kebersihan celana dalam. Jangan pelit untuk mengganti celana dalam setidaknya sehari sekali. Jika celana dalam dipakai hingga dua atau tiga hari, penis bisa beresiko mengalami infeksi dan kulit kelamin bisa mengalami iritasi atau bintik-bintik merah.

Baca Juga:  Cara Aman Dan Nyaman Mencukur Rambut Kemaluan

Disamping area kulit penis, anda harus rajin mencukur rambut kelamin sehingga bisa mencegah bakteri tinggal di area rambut kelamin yang terkenal lebat dan lembab. Tidak perlu mencukur habis rambut kelamin mengingat kita bisa menyebabkan iritasi jerawat. Kita bisa cukup mencukurnya menjadi lebih pendek dan tidak mudah lembab.