Bagaimanakah Tanda Wanita Akan Memasuki Masa Menopause?

DokterSehat.Com – Banyak sekali wanita dewasa yang mencemaskan akan datangnya masa menopause. Mengapa hal ini bisa terjadi? Banyak kaum hawa yang menganggap masa menopause sebagai gerbang dimana mereka sudah merasa tua. Dalam realitanya, banyak wanita yang mengalami masa menopause pada usia awal 50 tahun dan mengalami masa transisi dari wanita dewasa yang subur ke masa menopause semenjak usia 40 tahun an. Kecemasan kaum hawa sendiri sering terjadi pada masa transisi tersebut karena banyak sekali perubahan hormon yang membuat kondisi tubuh, khususnya waktu dan frekuensi menstruasi yang bisa jadi sangat tidak teratur. Apa sajakah beberapa tanda wanita akan memasuki masa menopause?

shutterstock_350641364 copy

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita yang segera memasuki masa menopause sangat terliaht pada semakin kacaunya jadwal menstruasi. Beberapa wanita mengeluhkan menstruasi yang terlalu lama, beberapa wanita lain melaporkan menstruasi yang lebih cepat, atau bahkan bisa tidak mengalami menstruasi hingga berbulan-bulan. Area miss V juga akan cenderung lebih kering dan semakin tidak elastis mengingat perubahan hormon memicu pengurangan produksi cairan di dalam miss V. Dengan adanya kekacauan jadwal menstruasi dan perubahan hormon, kesuburan pada wanita yang menjelang masa menopause pun cenderung sangat menurun sehingga akan sulit untuk hamil.

Masa menjelang menopause juga membuat wanita harus menerima adanya perubahan bentuk dan juga berat badan. Biasanya, otot yang cenderung semakin mengendur dan adanya peningkatan hormon stress kortisol akan membuat berat badan cenderung mudah naik. Wanita pada masa menjelang menopause memang cenderung menjadi mudah gemuk. Disamping mudah menggemuk, wanita menjelang masa menopause juga lebih mudah mengalami perubahaan mood layaknya cemas atau emosi sesaat. Perubahan suasana hati ini bisa disebabkan karena perubahan hormon yang bisa berlangsung secara signifikan.

Baca Juga:  Kehamilan di Luar Rahim - Gejala dan Pemeriksaan

Banyak pakar kesehatan menyarankan wanita yang menjelang masa menopause mulai memperhatikan kegiatan olahraga yang efektif dan rutin dan diiringi dengan pola makan yang sehat. Dengan makanan yang banyak mengandung estrogen dan fitogestrogen alami layaknya sayuran hijau gelap, brokoli, atau berbagai makanan dari kedelai, maka perubahan hormon pada tubuh bisa iimbangi dengan baik. Disamping itu, cobalah untuk lebih banyak mengambil waktu untuk rileks dan menenangkan diri agar secara psikologis wanita yang menjelang masa menopause menjadi lebih terkontrol emosinya.