Bagaimanakah Tanda-Tanda Akan Melahirkan?

DokterSehat.Com – Setelah menjalani kehamilan selama sembilan bulan, ibu tentu akan segera melakukan persalinan untuk menghadirkan buah hati ke dunia. Proses kelahiran sendiri bisa menjadi proses yang melelahkan, menyakitkan, hingga membahayakan nyawa ibu dan juga bayi. Hanya saja, tidak semua ibu hamil akan melahirkan setelah waktu sembilan bulan dengan pasti. Ada beberapa kelahiran yang baru terjadi beberapa minggu setelah sembilan bulan kehamilan, dan bahkan ada kelahiran yang prematur, dimana bayi sudah lahir sebelum usia kehamilan mencapai sembilan bulan. Hal ini berarti ibu hamil harus mengetahui tanda-tanda kelahiran dengan pasti agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat, bukan?

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Ibu hamil dan suaminya tentu harus siaga setiap saat jika tiba-tiba sang ibu mengalami rasa ingin melahirkan. Tanda awal dari ibu hamil yang ingin melahirkan adalah dengan adanya rasa nyeri pada area selangkangan. Rasa nyeri ini berasal dari tekanan bayi yang sudah mendesak area rahim dan turun ke area pelvis atau panggul yang berarti proses kelahiran akan segera dimulai. Selain area selangkangan, area panggul dan juga tulang belakang juga akan mengalami rasa nyeri yang sangat hebat karena efek dari tekanan desakan bayi.

Setelah munculnya rasa nyeri, organ vital ibu hamil akan mengeluarkan sejenis lendir yang sangat kental dan berwarna merah. Lendir inilah yang menjadi pelindung area janin dengan cara menyumbat area mulut rahim dan jika lendir yang disebut sebagai mucus ini mulai terbuka dan keluar lewat organ vital bersama dengan campuran darah, maka kelahiran pun menjadi semakin dekat. Ibu hamil pun akan segera merasakan konstraksi dan diiringi dengan pembukaan serviks atau mulut rahim. Bukaan dari serviks ini bisa bervariasi dari 1 hingga 4 cm pada 15 menit pertama dan dalam selang lima hingga 10 menit kemudian akan terus mengalami penguatan dan membuat air ketuban pun pecah. Cairan ketuban juga merupakan pelindung janin dan berfungsi untuk memperlancar dan membersihkan jalur bayi untuk melahirkan nantinya.

Baca Juga:  Beberapa Mitos yang Berkembang di Masyarakat Tentang Postur Tubuh

Jika ibu hamil mulai merasakan tanda-tanda di atas, segera bawa ibu hamil ke bidan atau dokter terdekat untuk mendapatkan bantuan dan pendampingan yang tepat sehingga ibu hamil dan bayi yang dilahirkan bisa dalam kondisi selamat dan sehat.