Bagaimanakah Kanker Mata dapat menyerang?

DokterSehat.com– Mata sebagai organ penglihatan, ternyata bisa terserang kanker. Meskipun jenis penyakit ini masih sangat jarang terjadi, sama seperti jenis kanker yang menyerang bagian tubuh lainnya, kanker mata juga dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya. Jika tidak segera ditangani akan menyebar ke organ lainnya, yang juga dapat berakibat fatal hingga berujung kematian.



Penyebab kanker mata belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa hal yang mengarah pada penyakit tersebut, diantaranya kurangnya unsur pigmen pada tepi kelopak mata, terlalu banyak terpapar sinar matahari, serta kurangnya gizi pada penderita. Sama halnya dengan beberapa jenis kanker lainnya, kanker mata juga berpotensi akan menurun secara genetis. Sedangkan gejala yang nyata tampak pada mata antara lain pandangan kabur pada salah satu mata, adanya floaters atau bintik-bintik merah di bagian mata, bola mata terlihat juling atau melotot, seperti akan keluar, serta penderita akan mengalami kehilangan penglihatan perifernya. Padahal perifer ini bertanggung jawab untuk mendeteksi gerak pada sudut daerah pandang, serta untuk merasakan bahaya yang datang. Sehingga jika perifer dalam keadaan lemah akan membahayakan sang penderita saat beraktivitas.

Namun untuk mengetahui diagnosa yang pasti lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata. Tahap pemeriksaan ayng dilakukan pertama adalah melalui pemeriksaan fisik. Hal ini untuk mengetahui indikasi kuat pada pasien yang mengarah pada kanker mata atau tidak. Kemudian dilanjutkan dengan CT fundus (scan) pada kepala, barulah diketahui secara pasti setelah hasil scan tersebut dibawa ke laboratorium dan dianalisis.

Sementara itu, upaya yang dillakukan untuk mengobati adalah pembedahan atau operasi. Pembedahan ini dilakuakn dengan tahapamm penting untuk mengangkat tumor pada mata serta memutus rantai penyebaran kanker, agar tidak menyabar ke organ terdekat. Setelah itu, pengobatan dapat dilanjutkan dengan kemoterapi atau radioterapi.