Bagaimanakah Ciri Orang Yang Kelebihan Protein

DokterSehat.Com – Protein adalah bahan makanan yang dikaitkan dengan asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita bisa mengkonsumsi makanan yang kaya protein layaknya telur atau beberapa produk hewani lainnya. Banyak makanan yang mengandung bahan protein yang bisa membuat kita ketagihan atau mengkonsumsinya secara berlebihan sehingga tubuh pun mengalami kelebihan kadar protein. Normalnya, pria dewasa akan membutuhkan protein sebesar 98,9 gram setiap harinya dan untuk wanita dewasa, kebutuhan protein per hari biasanya sekitar 68 gram. Jika kita mengkonsumsi protein lebih dari kadar tersebut, maka kita pun bisa mengalami kondisi kesehatan layaknya sebagai berikut.

doktersehat-dehidrasi-keringat

Jika kita mengkonsumsi protein dengan berlebihan namun tetap menjaga asupan kalori lainnya seperti biasanya, maka bisa jadi kita akan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Tahukah anda, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan bahkan cenderung berlebihan meskipun melakukan diet rendah lemak ternyata akan memiliki kandungan lemak tubuh yang setara dengan mereka yang mengkonsumsi lemak tinggi setiap hari.

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, maka kita pun cenderung akan mengalami dehidrasi sehingga akan lebih cepat haus. Saat kandungan protein yang ada pada tubuh sangat tinggi, pakar kesehatan berkata jika tubuh kemungkinan besar akan menggunakan lebih banyak cairan untuk menyeimbangkan kadar protein dalam tubuh. Selain akan lebih sering haus, ginjal juga akan cenderung bekerja dengan jauh lebih keras jika kadar protein dalam tubuh berada dalam level yang terlalu tinggi. Sebagaimana kita ketahui, ginjal adalah penyaring utama yang ada dalam tubuh dan saat tubuh mengalami kondisi protein yang berlebihan, maka pekerjaan ginjal pun cenderung akan jauh lebih berat. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka yang cenderung memiliki kadar protein yang tinggi akan mudah mengalami sakit ginjal tahap ringan dan jika dibiarkan begitu saja, maka ginjal pun beresiko mendapatkan masalah kesehatan yang jauh lebih besar.