Bagaimanakah Cara Memilih Telur Yang Baik Untuk Kita Konsumsi?

DokterSehat.Com – Telur adalah salah satu jenis makanan yang dikenal luas memiliki gizi yang tinggi dan baik bagi tubuh. Selain kadar proteinnya yang tinggi, telur juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat menyehatkan tubuh. Telur sendiri akan sangat mudah ditemui di berbagai tempat layaknya warung, pasar tradisional, hingga supermarket. Dari banyaknya telur yang tersedia di pasaran, adakah cara yang baik untuk memilih telur sehingga kita mendapatkan telur berkualitas?

doktersehat-telur-kuning

Telur tentu memiliki cangkang pelindung yang melindungi bagian dalamnya yang berbentuk cair. Kebanyakan dari kita hanya berpatokan pada cangkang telur untuk memeriksa apakah telur ini baik atau tidak. Cangkang telur memiliki beragam warna dari yang berwarna cokelat, cenderung jingga, hingga putih bersih. Satu hal yang pasti, warna kulit pada cangkang telur ternyata sama sekali tidak mempengaruhi rasa sehingga kita tidak perlu bingung memilih telur berdasarkan cangkangnya. Kita bisa memilih telur dengan cangkang yang cenderung bersih dan terlihat baik dan tetap mendapatkan kandungan baik dari telur saat kita konsumsi.

Kadangkala kita melihat telur yang dijual di supermarket memiliki grade atau tingkatan level tertentu. Uniknya, grade ini hanyalah standar yang ditetapkan swalayan atau ritel penjualan saja dan tidak ada hubungannya dengan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Jangan terkecoh dengan perbedaan grade ini dan pilihlah telur yang sekiranya baik untuk anda konsumsi setiap hari.

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun beberapa swalayan memberikan tanggal kadaluwarsa pada telur, telur ternyata masih bisa dikonsumsi setidaknya tiga hingga lima minggu setelah tanggal kadaluwarsa yang ditetapkan. Telur akan tetap dalam kondisi yang segar hingga dua bulan setelah keluar dari tubuh ayam dan bahkan setidaknya tiga minggu setelah dua bulan ini telur masih layak untuk dikonsumsi. Hanya saja, jika telur sudah berbau busuk atau mengalami perubahan warna, maka telur ini sudah tidak lagi layak dikonsumsi.

Baca Juga:  Ingin Mendapatkan Payudara Lebih Kencang? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini

Telur yang memiliki cangkang yang cenderung bersih dan mulus tanpa keretakan adalah telur yang paling direkomendasikan untuk dipilih. Jika kita mengetahui ada telur yang disediakan langsung dari peternakan atau bahkan dari ayam kampung, jangan ragu untuk membelinya karena biasanya jenis telur ini akan terasa lebih enak untuk dimakan dalam bentuk makanan apapun.