Bagaimana Struktur Jantung yang Normal?

DokterSehat.Com – Sebagai organ paling vital pada tubuh manusia, jantung layak mendapat perhatian tersendiri. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyakit jantung adalah salah satu pembunuh nomor wahid di dunia sehingga kiranya kita perlu untuk mengetahui mengenai penyakit yang satu ini secara lebih mendalam. Disini kami akan berbagi pengetahuan berkaitan dengan penyakit jantung tersebut secara cukup lengkap. Untuk mengindarkan pembaca dari rasa jenuh membaca artikel yang terlampau panjang, kami akan bagi menjadi artikel-artikel yang berkelanjutan dengan kategori jantung (sedang dalam proses).

9

Bentuk jantung manusia lebih mirip kerucut yang tebal, bukan seperti yang digambarkan pada hari Valentine. Jantung terlingkup dalam dada antara paru-paru kiri dan kanan, dan dilindungi dengan baik oleh dinding dada dan sangkar tulang iga. Ukuran jantung normal besarnya kurang lebih sekepalan tangan Anda, dan beratnya hampir 350 gram pada orang dewasa. Jantung dapat berbobot paling berat 0,5 kg pada atlet yang sangat terlatih.

Bagaimana struktur jantung yang normal?

Jantung terdiri dan otot (yang disebut miokardium), dan dikelilingi oleh membran (kantong) pelindung yang liat yang dikenal sebagai perikardium. Jantung terdiri dan empat kamar yaitu pompa otot yang membutuhkan pasokan darah yang kaya oksigen.

Dua kamar besar (kamar bawah) disebut ventrikel (bilik), dan fungsi utamanya adalah memompa darah. Dengan demikian, bilik kanan memompa darah ke paru-paru untuk memasok oksigen, sementara bilik kiri memompa darah yang kaya oksigen untuk memasok oksigen dan bahan makanan penting ke seluruh tubuh. Dengan demikian, jantung sesungguhnya memiliki dua pompa.

Bilik kanan terletak di sekitar bagian depan bilik kiri,sehingga tidak persis di kanan dan kiri dada (jika Anda melihat tampak depan jantung). Massa otot bilik kiri hampir 2,5 sampai 3 kali lebih tebal daripada massa otot bilik kanan. Di pihak lain, energi listrik dari bilik kiri kira-kira 10 kali lebih besar daripada energi listrik bilik kanan.

Dua kamar lebih kecil (serambi kiri dan serambi kanan) terletak di atas kedua bilik tersebut. Fungsi utama dan kedua serambi itu adalah untuk menenima darah dari seluruh tubuh dan paru-paru. Dan serambi mendorong darah yang diterima ke bawah yakni ke bilik. Oleh karena itu, istilah kamar pompa (pumping chambers) sesuai untuk menggambarkan bilik, sementara istilah kamar penerima bisa digunakan untuk menggambarkan serambi (atrial) itu.

Dinding otot antara serambi kanan dan kiri disebut septum atrial (septum serambi). Sama halnya, dinding otot lainnya disebut septum ventrikular (septum bilik).

Baca Juga:  Diet Vegan Terbukti Mampu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Katup jantung dan sirkulasi darah

Ada empat katup dalam jantung. Katup mitral terletak antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup aortik berlokasi pada outlet dari bilik kiri. Kedua katup jantung ini terbuka dan tertutup secara harmonis dan berirama untuk memungkinkan darah mengalir pada separuh jantung (bagian kiri). Sirkulasi dan separuh jantung lainnya dilakukan oleh katup trikuspid dan katup pulmoner. Katup trikuspid terletak antara serambi kanan dan bilik kanan, serta katup pulmonik bertempat pada outlet bilik kanan.

Bilik kanan memompa darah ke paru-paru kiri melalui arteri pulmoner setelah katup trikuspid menutup, dan katup pulmonik membuka unruk mengambil oksigen (darah yang kaya oksigen). Proses ini penting untuk kehidupan. Darah beroksigen ini kembali ke serambi kiri melalui vena pulmoner (pembuluh darah yang membawa darah beroksigen rendah dan produk-produk sisa kembali ke jantung dan berbagai organ dan jaringan) dan sekali lagi darah didorong ke bawah ke bilik kiri melalui katup mitral.

Bilik kiri memompa darah yang beroksigen dan bahan-bahan makanan penting setelah katup mitral menutup dan katup aorta membuka. Aorta dan cabang-cabangnya (yang merupakan tabung otot yang elastik) selanjutnya membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Aorta adalah arteri terbesar yang menyerupai belalai (pembuluh darah yang memasok darah yang kaya oksigen dan nutrisi dari jantung keberbagai organ dan jaringan). Aorta memiliki diameter yang hampir sama dengan selang taman yang besar. Aorta, memiliki banyak arteri, termasuk arteri koroner (jantung), yang bercabang untuk mengambil darah segar (darah yang mengandung oksigen dan nutirisi) ke seluruh bagian tubuh. Setelah menyampaikan darah yang beroksigen dan nutirisi itu ke semua bagian tubuh, darah yang sudah digunakan itu kembali ke serambi kanan melalui dua pembuluh darah besar: vena kava inferior dan vena kava superior. Vena kava inferior mengumpulkan darah dan bagian tubuh di bawah jantung, sedangkan vena kava superior menerima darah dari bagian tubuh di atas jantung.

Dengan demikian, tugas dan bilik kiri adalah memompa darah yang kaya oksigen dan nutirisi, ke seluruh tubuh dan membawa darah yang sudah digunakan ke serambi kanan. Diperlukan waktu 10 sampai 15 detik untuk keseluruhan sirkulasi sistem kardiovaskular (istilah untuk pembuluh jantung dan pembuluh darah).