Bagaimana Sih Cara Kopi Membangunkan Tubuh?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih untuk meminum teh atau kopi di pagi hari agar mereka bisa menjadi lebih bersemangat sebelum memulai beraktifitas. Dengan meminum salah satu dari kedua minuman tersebut, kita pun akan bisa mendapatkan energi, fokus, dan menjadi lebih waspada. Kebanyakan orang menyebutkan bahwa kandungan dari kafein yang ada pada kopi-lah yang bisa memberikan efek tersebut. Namun, sebenarnya bagaimana cara kopi membuat tubuh kita terbangun?

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam laman medicaldaily.com, disebutkan bahwa kandungan kafein yang berasal dari kopi bisa segera memblokir zat bernama adenosine dalam tubuh. Sebagai informasi, zat ini ternyata bisa ditemukan pada reseptor neuron dan mampu membuat reaksi kimia yang memicu semakin lambannya pembakaran neuron. Singkatnya, adenosine inilah yang membuat kita mengantuk. Karena kinerja adenosine terhambat, maka proses yang membuat kita mengantuk ini pun tidak bisa berjalan dengan baik sehingga kita pun menjadi lebih waspada.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kafein ternyata juga bisa menyentuh reseptor dari dopamine, salah satu bagian otak yang bisa membuat kita lebih berbahagia. Karena alasan inilah banyak orang yang mengaku lebih bersemangat, mengalami perbaikan suasana hati, dan lebih berbahagia setelah minum kopi.

Pakar kesehatan dari Michigan University Health Service menyebutkan bahwa kafein memang bisa memberikan banyak efek positif bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, kandungan ini juga bisa memberikan efek buruk seperti meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, atau keinginan untuk buang air kecil dan diare. Efek samping tersebut bisa muncul 15 menit hingga 6 jam setelah kita minum kopi.

Karena ada efek positif dan negatif, ada baiknya memang kita tidak sembarangan dalam minum kopi karena jika kita melakukannya, bisa jadi kita akan mengalami sakit kepala atau tubuh yang justru mudah lelah.