Bagaimana Rokok Bisa Merusak Sistem Pernafasan Anak?

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika asap rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang di Indonesia yang sudah terlanjur kecanduan asap rokok bisa seenaknya menghisapnya dimanapun tanpa mempedulikan sekitarnya. Tentu bukan hal yang aneh melihat orang-orang dengan entengnya menyalakan rokok di depan anak kecil di tempat umum, atau bahkan di depan anaknya sendiri! Padahal, asap rokok ini bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh anak.

doktersehat-rokok

Pakar kesehatan anak dr. Isabella Riandiani, menyebutkan jika banyak orang tua yang tetap saja merokok sambil bermain atau menggendong anaknya yang masih balita. Padahal, sistem kekebalan tubuh balita jauh lebih lemah dan rentan terkena masalah kesehatan jika dibandingkan dengan milik orang dewasa. Andai asap rokok ini terhisap oleh anak, maka dikhawatirkan sel-sel dan silia atau rambut halus di dalam lubang hidung yang berfungsi mencegah masuknya benda asing dan merupakan sistem pertahanan awal saluran pernafasan, akan mengalami kerusakan. Silia ini akan mengalami kerusakan dan tak lagi berfungsi sehingga saluran pernafasan anak pun akan sangat mudah terkena infeksi.

Andai ayah termasuk perokok berat dan kerap merokok di lingkungan rumah, termasuk di luar rumah, maka anaknya pun beresiko tinggi terkena infeksi dan masalah kesehatan pernafasan yang berbahaya. Karena alasan inilah, ada baiknya memang ayah berhenti merokok agar kesehatan anaknya tetap terjaga.

Andai orangtua bekerja di lingkungan dimana cukup banyak perokok di dalamnya atau setelah berkumpul bersama orang-orang yang merokok, ada baiknya Ia segera berganti pakaian, mandi, dan berkeramas sebelum menggendong atau bermain dengan anaknya. Hal ini akan membuat berbagai zat beracun dari rokok yang menempel pada pakaian, rambut, atau kulitnya bisa dibersihkan dan tidak terhirup oleh anak.

Baca Juga:  Penelitian: Rokok Elektronik Bisa Membuat Orang Berhenti Merokok

Ada banyak sekali masalah kesehatan pernafasan yang bisa dialami anak andai terpapar asap rokok. Tak hanya berupa masalah hidung tersumbat, banyak anak yang terkena infeksi paru-paru atau pneumonia dan juga sinusitis karena hal ini. Karena alasan inilah, ada baiknya memang orangtua tidak merokok demi mencegah masalah kesehatan tersebut.