Omega-3: Bagaimana Omega-3 Melawan Penyakit (Stroke, Arthritis, ADHD, Depresi, dan Kanker)?

DokterSehat.Com– Bagaimana Omega-3 melawan penyakit stroke, rhematoid arthritis, ADHD, depresi, dan kanker?

doktersehat-stroke-otak-pembuluh-darah

Omega-3 dan Stroke
Buktinya beragam, apakah suplemen omega-3 bisa membantu mencegah stroke. Meskipun demikian, asam lemak omega-3 telah terbukti mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Namun hati-hati karena penelitian menunjukkan bahwa pada dosis tinggi, suplemen omega-3 dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik (perdarahan).  Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen omega-3.

Omega-3 dan Rheumatoid Arthritis
Penelitian menunjukkan omega-3 dapat memperbaiki gejala sendi seperti rasa sakit dan kekakuan dari rheumatoid arthritis. Selain itu, diet tinggi omega-3 juga dapat meningkatkan efektivitas obat anti-inflamasi.

Omega-3 dan Depresi
Asam lemak omega-3 dapat membantu menenangkan gangguan mood dan meningkatkan efektivitas antidepresan. Namun, hasil penelitian telah tercampur sejauh ini. Negara-negara dengan kadar omega-3 yang lebih tinggi dalam diet tipikal memiliki tingkat depresi yang lebih rendah, walaupun penelitian lebih banyak dibutuhkan.

Omega-3 dan ADHD
Studi menunjukkan suplemen omega-3 bisa memperbaiki gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD/gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif). Buktinya tidak meyakinkan dan suplemen diet tidak bisa menawarkan pengobatan-semua untuk ADHD. Meskipun demikian, omega-3 dapat memberikan beberapa manfaat tambahan pada pengobatan tradisional. Kita tahu asam lemak omega-3 penting dalam perkembangan dan fungsi otak.

Omega-3 dan Demensia
Ada bukti awal yang menunjukkan bahwa omega-3 dapat melindungi dari demensia dan memperbaiki fungsi mental. Dalam sebuah penelitian, orang lanjut usia dengan diet tinggi asam lemak omega-3 memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi keterkaitan omega-3 dengan demensia.

Omega-3 dan Kanker
Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah omega-3 dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat stadium lanjut. The American Cancer Society merekomendasikan diet yang mencakup ikan untuk mencegah kanker, namun tidak mendukung suplemen omega-3 untuk pencegahan kanker.

Omega-3 – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5