Bagaimana Olahraga Mampu Mengatasi Depresi?

DokterSehat.Com – Tahukah anda, depresi atau kecemasan berlebih ternyata termasuk dalam penyakit yang sangat banyak diidap oleh manusia. Setidaknya, 40 juta orang dewasa mengalami depresi dimana penyebab utamanya justru berasal dari hal-hal sehari-hari yang kerap kita sepelekan begitu saja. Yang menjadi masalah adalah, depresi yang dibiarkan begitu saja bisa berimbas buruk bagi kesehatan fisik. Lantas, adakah cara yang efektif untuk mengatasi depresi?

doktersehat-senam-kegel-neuormove

Pakar kesehatan menyebutkan jika obat dari depresi ternyata bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan melakukan olahraga secara rutin, depresi ternyata bisa diredakan dengan efektif. Beberapa penderita depresi bahkan mengakui jika masalah depresinya jauh lebih efektif diredakan oleh aktifitas fisik alih-alih dari obat-obatan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dengan melakukan latihan tubuh, tubuh akan membuat kadar endorphin, dopamin, hingga nerodrenalina meningkat dengan signifikan. Hormon-hormon inilah yang memiliki peran besar dalam membuat depresi menjadi reda mengingat hormon-hormon tersebut dikenal luas sebagai hormon bahagia. Secara logika, jika kita semakin rutin berolahraga, maka hormon-hormon tersebut akan meningkat dan pada akhirnya membuat suasana hati menjadi jauh lebih tenang. Dengan berolahraga pula, maka jumlah hormon kortisol, semacam hormon yang bertanggung jawab akan timbulnya stress apda otak, akan berkurang dengan signifikan. Adanya hormon-hormon berbahagia ini juga bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang penderita depresi yang tentu juga berimbas pada mood yang jauh lebih baik.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika penderita depresi tidak perlu harus berolahraga yang berat atau dalam waktu yang lama demi membuat depresinya mereda. Berjalan kaki santai selama 10 menit dengan rutin setiap hari juga sudah bisa meringankan depresi meskipun ada baiknya penderita depresi mulai meningkatkan intensitas olahraganya layaknya berlari santai, bermain tenis, atau bahkan melakukan olahraga sepakbola bersama kawan-kawan sekitar. Aktifitas ini akan bisa meredakan depresi dengan sangat efektif sehingga penderitanya pun akan bisa kembali menikmati hidupnya.