Bagaimana Minuman Keras Merusak Organ Hati

DokterSehat.Com – Minuman beralkohol, apapun jenisnya, jika diminum dalam jumlah yang besar dan rutin tentu akan memberikan masalah yang besar pada berbagai organ tubuh. Salah satu organ tubuh yang akan tersiksa jika kita mengkonsumsi minuman beralkohol adalah hati. Sebagaimana kita ketahui, hati adalah organ yang berfungsi untuk menyaring berbagai macam racun serta mengatur gula dan kolesterol. Jika kita mengkonsumsi alkohol, tentu hati akan segera membantu sistem pencernaan dalam mencerna minuman keras ini. Hasilnya adalah, hati akan mengalami kerusakan dengan mudah karena bekerja dengan sangat keras untuk mengubah kandungan alkohol menjadi air dan karbondioksida yang tidak berbahaya.

doktersehat-wine-anggur-alkohol

Sel hati yang terkena kandungan alkohol akan mengalami masalah reproduksi sel-sel baru karena kerusakan yang dibawa kandungan alkohol. Hati pun mengalami kerusakan yang hampir tidak akan bisa diperbaiki karena regenerasi sel tidak bisa dilakukan. Jika alkohol masih tetap dikonsumsi secara rutin, maka hati pun bisa mengalami penumpukan lemak pada organ tersebut. Jika konsumsi alkohol tetap dalam frekuensi yang sama, maka perlemakan hati ini akan berlanjut menjadi hepatitis atau masalah peradangan pada hati.

Penyakit peradangan hati atau hepatitis ini akan menyebabkan masalah besar karena hati bisa rusak parah dan berhenti bekerja sesuai dengan fungsinya. Dengan hati yang sudah tidak berguna, maka tubuh pun bisa mengalami pendarahan pada usus, penyakit kuning, hingga masalah pembekuan darah yang sangat mematikan. Selain itu, penenggak alkohol bisa mendapatkan masalah penyakit sirosis yang bisa membuat hati rusak permanen dan hanya bisa disembuhkan dengan transplantasi hati.

Disamping berbagap penyakit yang menyerang organ hati itu sendiri, penenggak alkohol juga bisa mengalami penyakit lainnya. Komplikasi diabetes, kanker, asam urat, hingga penyakit jantung bisa didapatkan jika kita menenggak alkohol secara rutin. Selain itu, gangguan pada mata, demensia, atau bahkan epilepsi juga bisa disfungsi ereksi bisa didapatkan penenggak alkohol dalam waktu yang lama.