Bagaimana Meredakan Nyeri Saat Haid?

DokterSehat.Com – Haid adalah masa dimana wanita bisa mengalami perubahan mood dengan ekstrim. Kondisi tubuh yang sangat tidak nyaman disertai dengan rasa sakit di bagian perut bisa membuat mereka menjadi lebih mudah kesal dan marah. Rasa nyeri saat haid ini biasanya disebut sebagai Premanstrual Syndrome atau lebih sering disingkat sebagai PMS saja. Biasanya, PMS ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon yang membuat proses menstruasi menjadi sangat menyakitkan. Rasa sakit ini bisa terjadi dengan rasa nyeri pada bagian perut yang disertai kembung, rasa nyeri dan adanya pembengkakan di area dada, kepala yang sering terasa berat, hingga adanya rasa lelah dan pegal-pegal di sekujur tubuh. Kita bisa saja mengkonsumsi obat pereda nyeri haid, namun, kita juga dapat memakai beberapa cara alamiah meredakan nyeri haid seperti sebagai berikut.



Saat nyeri haid melanda, jangan ragu untuk berbaring untuk sementara waktu, khususnya jika anda menemukan tempat tidur atau setidaknya sofa. Rasa nyeri pada bagian punggung bisa diredakan jika anda tidur dengan cara telentang dan memakai bantal sebagai penyangga lutut. Sering-seringlah mengambil nafas panjang dan rasa nyeri inipun akan segera lenyap. Anda juga bisa melakukan kompres pada area perut dengan bantalan pemanas. Andai tidak ada bantalan pemanas, anda bisa memakai botol yang diisi dengan air hangat dan kompres di area yang terasa nyeri selama beberapa waktu hingga nyeri pun semakin mereda.

Pemijatan ringan diyakini dapat membuat nyeri haid menjadi berkurang. Area perut bawah atau pinggang layaknya di sekitar pusar atau di sekitar tulang kering bisa meredakan rasa nyeri haid. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan layaknya jalan kaki untuk meredakan nyeri. Gerakan jalan kaki bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar sehingga rasa nyeri pun jauh lebih berkurang.

Baca Juga:  Mitos dan Fakta Minyak Zaitun

Jika di sekitar anda terdapat penjual jamu. Cobalah meredakan haid dengan cara mengkonsumsi jamu. Secara turun-temurun, jamu tradisional adalah minuman alamiah paling efektif dalam meredakan haid tanpa efek samping. Disamping aman, harga jamu yang cenderung murah tentu tidak akan menjadi masalah bagi kita untuk meredakan nyeri haid yang datang tiap bulan ini.