Pertolongan Pertama Pada Penerima Asthma

DokterSehat.Com – Asma adalah sebuah penyakit yang bisa membuat penderitanya mengalami gangguan pernafasan yang sangat hebat. Nafas yang berat dan sangat sulit dilakukan tentu saja bisa membuat panik orang-orang di sekitar penderita asma. Jika anda tiba-tiba berada di sebelah seseorang yang terkena asma tiba-tiba, ada baiknya anda mengenal beberapa trik pertolongan pertama pada penderita asma seperti sebagai berikut.

doktersehat-tbc-pada-anak-batuk-tuberkulosis-tersedak

Orang yang mengalami asma mendadak biasanya akan cenderung memegangi dada dan mengalami nafas yang berat dan terkadang bersuara. Jangan biarkan penderita asma menderita hal ini terlalu lama dan anda harus segera membantunya. Satu hal yang pasti, anda tidak boleh panik karena hal tersebut justru akan membuat keadaan lebih memburuk. Kendalikan kepanikan anda terlebih dahulu dan baru anda mulai menolong penderita asma.

Jika penderita asma sudah terengah-engah karena nafas yang sangat berat, maka anda sebaiknya tidak membaringkannya dalam posisi tidur. Posisi penderita asma harus dalam kondisi setengah duduk dan bersandar. Anda bisa memberikan bantal sebagai sandaran punggung agar penderita asma menjadi lebih rileks.

Setelah penderita asma berada dalam posisi yang rileks, berikan minuman air hangat. Pastikan penderita asma meminumnya karena air hangat bisa membantu meredakan asma meskipun jumlah air yang diminum sangat sedikit. Kita bisa memijat area di atas ruas jempol kaki, sekitar 3 hingga 5 cm di atas ruas jempol atau di area tulang metartasal dimana syaraf yang berhubungan dengan paru-paru berada. Jika penderita asma membawa alat penghirup udara khusus asma, ada baiknya anda mencarinya di tas si penderita asma sehingga bisa untuk meredakan asma. Kita juga bisa memberikan obat asma jika ada apotek yang dekat dengan lokasi kejadian. Jika setelah 15 menit asma masih belum membaik, ada baiknya anda langsung membawa penderita asma ini ke dokter atau klinik terdekat agar mendapatkan perawatan medis yang lebih baik.