Bagaimana Menolong Diri Anda Sendiri Melewati Depresi?

DokterSehat.Com – Depresi adalah suatu masalah psikologis yang disebabkan oleh perubahan berbagai hal, diantaranya emosional, fisik dan lingkungan. Depresi dapat sangat melemahkan dan menyebar ke seluruh jiwa serta pikiran penderitanya. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri lepas dari jerat depresi?

14

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan berkaitan dengan depresi tanpa melibatkan pengonsumsian obat-obatan. Faktanya, walaupun dengan pengobatan, Anda pun masih tetap memerlukan beberapa perubahan dalam sikap. Ketika pengobatan telah selesai dilakukan namun sikap dan tingkah laku Anda tidak berubah, maka depresi dapat kembali menyerang Anda.

Kita mulai dari mengembangkan diet sehat yang seimbang. Percaya atau tidak, kita adalah representatif dari apa yang kita makan. Tubuh, termasuk otak kita, mengambil nutrisi yang diperlukan dari apa yang kita masukan ke mulut. Jika kita mengonsumsi makanan sampah maka kita hanya akan membuat tubuh kita memproduksi sampah pula.

Ketika kita berada di bawah stres dan merasa depresi, seringkali kita kehilangan banyak waktu tidur dan melupakan kegiatan-kegiatan olahraga yang biasa kita lakukan. Jangan seperti itu! Olahraga sangat penting untuk pelepasan endorfin, yang bekerja secara kimiawi di otak kita untuk membantu mengangkat mood. Tidak perlu berolahraga keras layaknya atlet yang sedang mempersiapkan diri mengikuti olimpiade, durasi 30-40 menit sehari untuk memacu kinerja jantung sudah cukup bagi kita. Tidur atau istirahatlah berkisar 6-8 jam setiap malam sebab fungsi tidur juga penting untuk menyegarkan kembali otak Anda. Mulailah tidur antara pukul 10 malam hingga jam 2 pagi. Jika Anda bekerja hingga larut, tidurlah lebih cepat dan bangun pukul 5 pagi. Dengan begitu otak akan lebih produktif dan Anda akan lebih banyak menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda.

Berikutnya, hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda menghadapi saat-saat depresi ialah menghentikan apa yang Anda lakukan berulang-ulang tiap hari yang berkaitan dengan masalah emosi. Memang penting untuk mengetahui masalah emosi tersebut, namun lebih penting lagi untuk berkonsentrasi pada solusi masalahnya. Ketika Anda menemukan diri Anda sedang melakukan semua hal tanpa berpikir, segera hentikan itu! Ketika Anda tidak ada kegiatan yang harus dilakukan, bacalah sebuah buku yang menarik, bukan novel percintaan atau buku pengembangan kepribadian.

Anda harus bergaul dan mengembangkan sistem dukungan dari teman-teman, keluarga, atau bahkan komunitas yang mampu membantu Anda tetap aktif dan tergabung dalam suatu aktivitas. Semakin Anda aktif, maka semakin sedikit pula waktu yang Anda miliki untuk memikirkan masalah-masalah dan kondisi emosi yang Anda hadapi.

Baca Juga:  Diet Ideal Untuk Kencing Manis

Ingatlah bahwa depresi bukan kondisi ‘segalanya atau tidak sama sekali’. Anda bisa mencoba membuat buku harian atau rekapan mengenai perasaan Anda tiap harinya. Anda akan mulai menyadari ada bayangan kelabu pada perasaan dan emosi Anda. Depresi bersifat rangkaian dari satu kesatuan, di mana pada hari-hari tertentu depresi bisa sangat buruk efeknya terhadap penderita namun ada juga hari-hari yang cukup baik dan bersahabat bagi mereka. Rayakanlah hari-hari baik tersebut, dan pelajari hal-hal apa saja yang memicunya sehingga Anda bisa mengulang hal demikian lagi dan lagi.

Lanjutkanlah melakukan apa yang Anda tahu Anda senangi. Mungkin Anda berpikir tidak seperti sedang melakukannya namun coba saja. Anda akan merasa puas ketika mampu menyelesaikan hal-hal yang membosankan. Jalan-jalan atau bertemu dengan teman, walaupun bisa saja sulit, akan meningkatkan mood Anda dan membantu Anda melihat cahaya di ujung terowongan gelap.

Pemicu depresi dapat ditemukan di lingkungan sekitar, antar individu, atau pada faktor fisik/medis. Cobalah duduk sejenak dan secara jujur mengevaluasi apa yang Anda rasa dan bagaimana perasaan itu. Buatlah daftar untuk mengategorikan gejala-gejala depresi yang Anda alami. Contohnya, mungkin Anda sering mengalami kelelahan yang konstan, atau emosi yang mengering, atau bahkan merasa harapan-harapan orangtua membebani Anda.

Selanjutnya, buatlah satu langkah untuk mengevaluasi masalah-masalah tersebut di atas sambil tetap melakukan rencana yang telah Anda buat akan apa yang dapat dilakukan untuk membantu Anda melewati depresi. Jika Anda mengalami kelelahan terus-menerus mungkin Anda perlu untuk memeriksakan diri ke dokter agar terlihat masalah yang sebenarnya. Atau bila Anda lelah secara emosi karena masalah percintaan yang rumit, Anda dapat menjalani terapi yang melatih Anda untuk tegas. Sebuah pembicaraan jujur dan panjang lebar dengan orangtua dapat menjelaskan persepsi Anda terhadap harapan-harapan mereka.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda melewati masa depresi mencakup beberapa langkah. Anda dapat membuat lebih dari satu pilihan, mana yang terbaik buat Anda. Terbukalah mengenai apa yang bisa dan yang tidak bisa membantu Anda, lalu kemudian maju terus. Ingatlah bahwa depresi menghasilkan stagnasi dan pergerakan yang kendur. Segala macam pergerakan yang Anda usahakan haruslah mengarah pada resolusi dan kebahagiaan.