Bagaimana Menjaga Berat Badan?

DokterSehat.Com – Mendapatkan berat badan ideal tentu saja menjadi impian semua orang. Hanya saja, tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Jika anda adalah orang dengan sistem metabolisme yang cenderung cepat, sebesar dan sesering apapun anda makan, anda akan dengan mudah menjaga berat badan dan bentuk tubuh dalam kondisi ideal. Sayangnya, kebanyakan masyarakat Indonesia mengalami masalah dalam menjaga berat badan. Apa sajakah sebenarnya hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan kita?

doktersehat-olahraga-lari

Membicarakan berat badan tentu tidak akan bisa lepas dari makanan. Jangan mudah memakan makanan jika memang belum merasakan lapar. Inilah kunci menjaga berat badan tetap ideal. Banyak dari kita yang masih memakan camilan meskipun sebenarnya hanya untuk mengisi waktu luang dan tidak lapar. Disinilah sebab mengapa kita mudah menggemuk. Jika kita sudah sangat lapar, maka makanan pun akan terasa sangat enak. Namun, kita tentu harus ingat untuk memakan makanan secukupnya dan jangan terlalu kenyang agar kondisi tubuh etap ideal. Ada baiknya juga kita makan dengan fokus tertuju pada makanan saja. Makan dengan menonton televisi atau bahkan membaca dirasa kurang baik karena akan membuat anda tidak mudah merasa kenyang dan pada akhirnya anda akan memakan terlalu banyak makanan.

Bahan makanan yang dimakan juga haruslah diperhatikan jika ingin menjaga berat badan tetap ideal. Makanan penuh karbohidrat, kandungan gula, atau bahkan lemak tentu saja akan memudahkan kita menjadi lebih gemuk. Makanan-makanan alami juga harus diprioritaskan jika dibandingkan dengan camilan buatan layaknya snack mengingat bahan makanan alami diyakini mampu menjaga berat badan.

Apakah hanya makanan yang perlu kita perhatikan? Tidak juga. Tubuh yang ideal sering didapatkan jika seseorang mau berolahraga dengan rutin. Anda tentu bisa memulai olahraga rutin dengan durasi yang singkat dan olahraga yang sederhana. Lari pagi, senam, atau bahkan renang diyakini menjadi olahraga terpopuler untuk menjaga berat badan. Andai anda terlalu sibuk untuk berolahraga, jangan ragu untuk meregangkan tubuh dan berolahraga singkat saat sela-sela waktu bekerja. Dengan kombinasi pola makan dan olahraga yang rutin, tubuh anda pun niscaya akan menjadi semakin sehat dan semakin ramping.

Baca Juga:  Menstimulasi Bayi Untuk Merangkak Cukup Mudah Dilakukan