Bagaimana Mengobati Telinga Berair

DokterSehat.Com – Telinga berair merupakan masalah infeksi atau peradangan pada lubang telinga luar atau infksi telinga tenga, dalam hal ini berdampak pada terjadinya luka pada kulit lubang telinga. Atau bahkan yang paling fatal adalah mengakibatkan robeknya gendang telinga. Hal tersebut dapat terinfeksi dan terkontaminasi dengan iar yang masuk dari luar telinga, menyebabkan kondisi telinga berair seperti yang di tanyakan sebelumnya.



Kebanyakan kasus  penyebab telinga berair adalah karena terlalu sering membersihkan telinga dengan mengunakan kapas telinga atau benda tajam lainnya seperti peniti, jepitan rambut dan lain-lain.

Gejala penyakit brair adalah telinga akan terasa penuh dengan tanpa alasan yang pasti, bagian dalam telnga akan terasa gatal, bisa juga di tandai dengan timbulnya rasa nyeri yang bisa di sertai dengan darah serta timbulnya kotoran di dalam telinga yang cair maupun yang kental, berwarna gelap atau abu-abu.

Pengobatan telinga yang berair harus dilakukan secara teratur sampai kering, karena apabila sering berair berulang dapat menyebabkan pendengaran akan berkurang secara bertahap dan yang lebih berbahaya dapat mengakibatkan infeksi ke otak.

Biasanya akan diberikan obat tetes telinga dan obat minum untuk mengurangi infeksi. Apabila telinga tetap berair lebih dari 3 bulan terus-menerus setelah diobati dengan teratur, biasanya diperlukan tindakan operasi untuk membersihkan infeksi pada telinga bagian tengah tersebut.

Pada gendang telinga robek yang tidak terlalu besar bisa dilalukan operasi penutupan gendang telinga, setelah infeksi sembuh. Infeksi telinga yang sudah lama dan berulang biasanya gendang telinga sudah tidak ada lagi, umumnya sulit untuk dilakukan penutupan gendang telinga.