Bagaimana Mengatasi Mata Belekan?

DokterSehat.Com – Mata adalah salah satu dari organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Seluruh hal yang anda kerjakan dari pagi hingga malah hampir tidak pernah lepas dari bantuan indera penglihatan ini. Mata hampir tidak pernah beristirahat terkecuali saat kita sedang tidur. Dengan melihat begitu pentingnya indera penglihatan ini, kita tentu tidak ingin mata kita mengalami masalah, bukan? Sayangnya, terdapat beberapa gangguang yang bisa saja menyerang mata. Salah satu dari penyakit mata yang sering mengidap masyarakat adalah penyakit belekan. Penyakit yang membuat mata menjadi merah ini sering kali dianggap sebagai penyakit yang menular. Apakah fakta ini benar adanya?

doktersehat-tetes-mata

Belekan sendiri biasanya diawali dengan adanya gejala berupa mata yang cenderung terasa sangat gatal dan berair lalu disertai dengan warna merah pada mata. Penyebabnya dari masalah belekan sendiri sangatlah banyak. Namun, biasanya belekan disebabkan oleh alergi dan juga infeksi bakteri atau virus. Virus yang bisa muncul dari kuman inilah yang menyebabkan belekan sering disebut sebagai penyakit menular. Satu hal yang pasti, kuman, virus, dan juga bakteri inilah yang membuat mata menjadi terinfeksi.

Terdapat banyak sekali obat belekan yang tersedia di apotek atau dengan resep dokter. Kita bisa memakai obat tetes atau salep untuk menyembuhkannya. Salep biasanya dipakai jika belekan sudah mencapai level yang cukup berat, sementara itu, obat tetes biasanya dipakai saat belekan tidak terlalu parah dan bisa disembuhkan dengan mudah. Obat tetes sendiri bisa dipakai setidaknya sekali dalam tiga atau empat jam hingga infeksi pada mata jauh berkurang. Jika belekan kita susah tergolong sangat parah, mau tidak mau kita harus memakai salep untuk mengobatinya. Menggunakan salep tentu akan sangat mengganggu penglihatan dan tidak nyaman. Menggunakan salep ini bisa dengan cara mengoleskannya pada sisi dalam kelopak mata dan kemudian saat mata berkedip maka salep akan mengolesi bagian mata yang terinfeksi.

Baca Juga:  Kolesistitis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Hanya saja, kita tidak bisa serta merta membeli obat belekan secara sembarangan. Kita harus memeriksakan terlebih dahulu seberapa parah kondisi belekan kita ke dokter terdekat sehingga pengobatan pun bisa dilakukan secara tepat dan tidak membahayakan mata yang kita sayangi ini.