Bagaimana Mengatasi Masalah Sembelit Yang Menyusahkan

DokterSehat.Com – Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu masalah yang sangat tidak diinginkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, jika kita mengalami susah buang air besar, perut kita tentu merasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, kita juga akan merasa kurang nyaman untuk mengkonsumsi makanan. Buang air besar sendiri hampir pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Meskipun perut sudah melilit dan terasa sakit, ternyata buang air besar masih sulit dilakukan dan juga tidak teratur sehingga sangat tidak nyaman bagi penderitanya.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Masalah sembelit sendiri biasanya hanya terjadi sementara waktu. Banyak orang yang mengalami sembelit ketika mereka mengalami perubahan aktivitas layaknya saat berpindah pekerjaan atau berpindah tempat tinggal sehingga pola makan dan aktivitas harian pun berubah secara signifikan. Biasanya, gejala sembelit atau konstipasi sendiri bisa ditandai dengan susahnya melakukan buang air besar, frekuensi buang air besar yang semakin menurun, adanya rasa tersumbat pada dubur dan juga buang air besar yang tidak tuntas, dan juga rasa sakit dan melilit saat ada pergerakan di dalam perut.

Masalah konstipasi atau sembelit ini sendiri bisa terjadi karena otot penggerak usus ternyata tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penyebab dari masalah ini bisa terjadi karena tubuh mengalami kekurangan serat pada makanan dan juga saat tubuh kurang bergerak. Disamping itu, saat tubuh mengalami dehidrasi atau perubahan gaya hidup dan rutinitas dengan signifikan, otot penggerak usus juga biasanya mengalami masalah yang membuat tubuh mengalami sembelit.

Untuk mengatasinya, kita bisa memakai obat yang memperlancar buang air besar di apotek atau dokter terdekat. Hanya saja, kita jangan asal memakai obat pencahar karena bisa berpotensi membahayakan. Untuk memastikan tubuh anda tidak mudah mengalami sembelit, ada baiknya anda mulai banyak memakan makanan berserat dan mulai mengurangi makanan yang rendah serat. Jika perlu, anda bisa memakan suplemen berserat untuk melancarkan saluran pencernaan. Jangan lupakan air minum yang banyak agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan juga rajin-rajinlah berolahraga. Jika tubuh sudah merasa ingin buang air besar, ada baiknya anda tidak menundanya agar segala kotoran pada saluran pencernaan anda bisa keluar dan tubuh anda pun akan merasa lebih baik.