Bagaimana Mencegah Penyakit Batu Ginjal

DokterSehat.com – Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang menyerang ginjal dan saluran kencing pada tubuh manusia. Adanya kalsium yang mengeras di dalam ginjal maupan saluran kencing ini sangat mengganggu dan dapat membuat penderitanya akan sangat kesakitan saat ingin buang air kecil. Berbagai macam penyembuhan penyakit ini memang sudah banyak tersedia, namun alangkah baiknya jika kita mencegah penyakit ini sebelum merasakan penderitaan dari penyakit ini. Berikut adalah beberapa tips bagaimana mencegah penyakit batu ginjal tidak menyerang tubuh kita.



  • Banyak-banyaklah minum air putih. Ya!, anjuran untuk meminum banyak air putih telah sering didengungkan oleh berbagai kalangan karena dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Khasiat memperbanyak minum air putih ternyata juga sangat berguna dalam mencegah datangnya batu ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum 2,5 liter air putih per hari, manusia dapat menurunkan resiko adanya penyakit batu ginjal hingga 40 persen!.
  • Sudah banyak orang yang memberikan peringatan akan adanya bahaya yang mengintai dalam minuman bersoda. Berbagai contoh video menunjukkan bahwa minuman bersoda bahkan dapat digunakan untuk membersihkan toilet dan hal-hal ekstrim lainnya. Bukankah berarti minuman ini kurang baik untuk organ kita, khususnya bagi ginjal yang langsung berhubungan dengan konsumsi minum seseorang. Mengurangi konsumsi minuman bersoda dan grapefruit juice adalah salah satu cara yang bijak dalam mencegah penyakit ini.
  • Batu ginjal dapat berasal dari adanya peningkatan konsumsi akan protein hewani. Melakukan penguranga konsumsi daging dapat mengurangi resiko terkena batu ginjal. Disamping itu, membatasi asupan kalsium dan garam juga dapat mencegah adanya penyakit ini.
  • Sebenarnya ada sebuah cara lagi, yakni dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung pyridoxine dan magnesium. Kandungan ini dipercaya mengurangi kandungan oksalat yang sering ditemukan di batu ginjal. Namun, perlu diingat, anda perlu mengkonsultasikan ke dokter terlebih dahulu dan jangan sembarangan mengkonsumsi suplemen ini.